Cegah Corona, PPDB Jakarta Digelar Online Mulai 15 Juni

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 akan dilaksanakan secara online, mengingat wabah virus corona (Covid-19) belum mereda. PPDB akan dimulai pada 15 Juni hingga 9 Juli 2020.

Hal tersebut disampaikan Nahdiana dalam rapat teleconference bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Senin (11/5). Video rapat pimpinan itu diunggah di akun Youtube resmi milik Pemerintah Provinsi Jakarta pada Kamis (14/5).

“Kami menyesuaikan untuk melakukan PPDB dari rumah untuk mencegahnya (penularan virus corona). Peserta didik atau orang tua, serta wali secara fisik di rumah,” kata Nahdiana.

Nahdiana mengatakan penyesuaian mekanisme pendaftaran ini dikarenakan pandemi virus corona di Jakarta masih belum mereda.

Lebih lanjut, Nahdiana menjelaskan mekanisme kebijakan PPBD di rumah ini nantinya peserta atau calon peserta didik dapat melihat informasi, mulai dari teknis pendaftaran dan daya tampung secara online. Setelah mendaftarkan diri secara online, informasi peserta dan calon peserta didik akan diverifikasi oleh operator atau panitia PPDB.

Sementara itu, bagi peserta didik yang memang tidak bisa melakukan pendaftaran secara online, kata Nahdiana, pihaknya akan menyediakan help desk melalui posko-posko yang ada di sekolah ataupun yang ada di tiap suku dinas.

“Tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan saat ini dalam kondisi pandemi. Lalu di nomor telepon, baik secara langsung, maupun WA, dan media-media sosial,” ujarnya.

Nahdiana menambahkan, seperti tahun sebelumnya, PPDB tahun ini juga ada empat jalur penerimaan peserta didik, yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua atau anak guru.

Ia juga mengatakan tahapan pelaksanaan PPDB sudah mulai disosialisasikan secara internal sejak 14 Mei sampai 18 Mei nanti. Kemudian, pihaknya akan melakukan sosialisasi secara eksternal mulai tanggal 18 Mei hingga 20 Mei.

Berikutnya, pra-pendaftaran PPDB akan dilangsungkan pada 11 hingga 14 Juni.

“Pendaftaran online dimulai 15 Juni-9 Juli. Lalu persiapan masa perkenalan lingkungan sekolah yang direncanakan tanggal 11 Juli,” ujarnya.

Sementara itu, tahun ajaran baru 2020/2021, ditargetkan akan dimulai pada 13 Juli 2020 jika wabah virus corona sudah mereda.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *