Menhan AS Bakal Kunjungi Filipina, Singapura, Vietnam

Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, dijadwalkan akan mengunjungi tiga negara di Asia Tenggara yakni Filipina, Singapura dan Vietnam pada bulan ini.

“Kunjungan Menhan Austin akan memperlihatkan kepentingan pemerintahan Joe Biden-Kamala Harris di kawasan Asia Tenggara serta dengan kelompok ASEAN sebagai bagian penting dari kerangka Indo-Pasifik,” demikian isi pernyataan Juru Bicara Kemenhan AS (Pentagon), John Kirby, seperti dilansir Reuters.

Dalam rangkaian lawatan kali ini Austin tidak singgah ke Indonesia. Menurut kabar dari Kedutaan Besar AS di Hanoi, Austin akan memulai kunjungan pada Jumat (23/7) mendatang.

“Kunjungan ini memperlihatkan komitmen AS di kawasan dan kepentingan kami dalam rangkaian menegakkan aturan internasional di wilayah itu dan menjunjung peranan ASEAN,” demikian isi pernyataan Kedutaan Besar AS di Hanoi melalui akun Facebook.

Kunjungan Austin diperkirakan sebagai upaya AS untuk bersaing dengan China dalam memperkuat pengaruh mereka di Asia Tenggara. Sebab, China merupakan salah satu mitra dagang utama negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Di sisi lain, kawasan Asia Tenggara juga menghangat karena China berkeras ingin menguasai Laut China Selatan yang kaya sumber daya alam, atas dasar sejarah, yang sudah ditolak oleh Mahkamah Arbitrase Internasional.

Filipina dan Vietnam adalah negara di Asia Tenggara yang bersengketa dengan China di kawasan Laut China Selatan.

Di sisi lain, China juga giat membangun pangkalan militer di pulau-pulau di Laut China Selatan. Sedangkan AS juga mengerahkan sejumlah kapal perang ke perairan itu.

Selain itu, sejumlah negara sekutu AS seperti Inggris dan Prancis juga ikut mengirim kapal perang mereka ke Laut China Selatan.

Kondisi itu sangat berbahaya dan rentan memicu kesalahpahaman yang bisa berujung peperangan terbuka.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *