Volatilitas Masih Tinggi, IHSG Dibuka Jatuh-Bangun

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Selasa (24/3/2020), berupaya kembali ke level psikologis 4.000 mengikuti tren bursa saham Asia yang menghijau dan peluang penguatan bursa Amerika Serikat (AS) malam nanti.

Indeks acuan bursa nasional tersebut menguat 0,43% ke level 4.006,65, meski kemudian langsung berbalik memerah 3 menit kemudian sebesar 8 poin (-0,2%) ke 3.981,38. Volatilitas masih tinggi di tengah masih bertambahnya penyebaran wabah Covid-19, dan ekspektasi pemerintah akan melakukan penambahan anggaran.

Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah merekomendasikan Presiden Joko Widodo untuk mengeluarkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) guna menyiasati persoalan anggaran penanganan wabah Covid-19.

Melalui Perppu, DPR merekomendasikan presiden memperlebar defisit anggaran dari 3% menjadi 5% Produk Domestik Bruto (PDB), serta insentif pajak penghasilan pribadi. Perppu memungkinkan langkah pengendalian dampak corona terhadap ekonomi bisa dilakukan lebih cepat

Dari Amerika Serikat (AS), Wall Street semalam mengalami tekanan, hingga akhirnya Dow Jones ditutup turun 582,05 poin (-3%) menjadi koreksi bulanan terburuk sejak 1931. S&P 500 drop 2,9% menjadi 2.237 dan Nasdaq melemah 0,3%.

Koreksi terjadi karena kubu Demokrat dan Republik belum seide mengenai paket stimulus yang akan dikeluarkan. Namun kabar dari bank sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) menjadi pengerem koreksi. The Fed mengatakan akan memulai program pembelian aset terbuka.

Bank sentral mengatakan program tersebut akan berjalan dalam “jumlah yang diperlukan untuk mendukung kelancaran fungsi pasar dan transmisi kebijakan moneter yang efektif ke kondisi keuangan dan ekonomi yang lebih luas.”

Pada perdagangan pagi ini pukul 07:10 WIB Selasa (24/3/2020), indeks berjangka Dow Jnes (Dow Futures) naik 1.27% ke 18.726, yang diikuti S&P 500 dan Nasdaq 100 yang kesemuanya berada di zona hijau.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Kompas.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *