Kemenhub Jamin Kebersihan dan Layanan Transportasi Publik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjamin kebersihan dan layanan transportasi publik tetap terjaga di tengah mewabahnya virus korona (covid-19).

“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa transportasi publik harus tetap berjalan untuk melayani masyarakat, kami telah berkoordinasi dengan seluruh operator transportasi untuk memastikan layanan tetap berjalan serta kebersihannya tetap terjaga,” jelas Juru Bicara Menteri Perhubungan (Menhub) Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

Adita menambahkan Kemenhub bersama seluruh operator transportasi telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bertransportasi yang sehat untuk mencegah penularan terjadi di transportasi publik. Sosialisasi itu disiarkan melalui berbagai saluran media, seperti media sosial, media massa, maupun secara langsung kepada para penumpang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang masih menggunakan transportasi publik agar tetap terus menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, serta menghindari perjalanan dengan transportasi publik bagi yang merasa sakit untuk mencegah penularan,” ungkap Adita.

Sebelumnya, Menhub Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan menginstruksikan agar melakukan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari pada sarana dan prasarana transportasi baik di darat, laut, udara dan perkeretaapian di seluruh wilayah Indonesia.

“Diharuskan ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) korona dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta imbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit,” jelas Luhut melalui telekonferensi video, Senin, 16 Maret 2020.

Jajaran Kemenhub juga diminta untuk memastikan arus transportasi logistik tetap lancar. “Utamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat tetap terjamin,” tegas Luhut.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Sinar Harapan

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *