Raja Belanda Kembalikan Keris Pangeran Diponegoro

Raja Belanda Willem Alexander menyerahkan keris Pangeran Diponegoro kepada Presiden Joko Widodo. Keris itu ditemukan peneliti dari Museum Volkenkunde di Leide.

Keris bernama Naga Siluman itu sempat hilang beberapa waktu lalu. Pemerintah Belanda pun melakukan pencarian pada 1984 namun terhenti. Pencarian kembali dilakukan pada 2017 hingga 2019.

Penyerahan keris dilakukan usai kunjungan Raja Alexander dan Ratu Maxima di Istana Bogor, Jawa Barat. Saat penyerahan, Jokowi sempat berbincang-bincang dengan Alexander.

Keris Pangeran Diponegoro akan disimpan dan dipamerkan di Museum Nasional. Kepala Museum Nasional Siswanto menyebut, keris akan dipamerkan bersama 1.500 benda budaya lainnya.

“Sudah kita rancang untuk pameran, tapi waktunya kapan masih menunggu perintah,” kata Siswanto di Museum Nasional di Jakarta, Senin, 9 maret 2020.

Siswanto menambahkan, pemulangan benda-benda bersejarah ini memang sudah menjadi persetujuan dari kedua negara. Upaya pemulangan ini ternyata telah dirintis sejak beberapa tahun yang lalu.

Selain menyerahkan keris, kedatangan Raja dan Ratu Belanda ini untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi. Kedatangan mereka juga untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM).

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detik News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *