Bank Sentral Meksiko Turunkan Pertumbuhan Ekonomi

Bank sentral Meksiko (Banxico) menurunkan pertumbuhan ekonomi untuk 2020 dan 2021. Penurunan ini disebabkan pemulihan permintaan domestik dan aktivitas industri Amerika Serikat (AS) yang lebih lambat dari yang diperkirakan.

Produk domestik bruto (PDB) sekarang diperkirakan akan tumbuh antara 0,5 dan 1,5 persen tahun ini, kurang dari perkiraan 0,8 hingga 1,8 persen sebelumnya, menurut laporan bank pada hasil kuartal keempat tahun lalu dikutip dari Xinhua, Kamis, 27 Februari 2020.

Banxico menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi pada 2021 menjadi kisaran 1,1 hingga 2,1 persen, dari sebelumnya 1,3 hingga 2,3 persen. Pada 2019, PDB Meksiko menyusut 0,1 persen, menandai kontraksi pertama dalam satu dekade, terutama karena perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

Gubernur bank sentral Alejandro Diaz de Leon menjelaskan bahwa memburuknya ketegangan perdagangan dalam jangka menengah serta melambatnya perdagangan global dan ekonomi dunia dalam jangka pendek adalah beberapa risiko yang dihadapi Meksiko.

Namun, ia menambahkan, ratifikasi akhir dari Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA) dapat membantu menumbuhkan ekonomi jika menghasilkan investasi yang lebih besar dari yang diharapkan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Fakta News

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *