Pengangguran Turun, Aussie Hanya Menguat Tipis

Sesi perdagangan Kamis pagi ini, 24 Januari 2019, diawalidengan rilis data perekonomian Australia terkini menyangkut situasi ketenaga-kerjaan negeri Kanguru itu. Laporan menyebutkan, jumlah tenaga kerja yang ditambahkan mencapai 21.600 atau berada di atas ekspektasi pasar yang sebesar 17.000-an. Sementara untuk tingkat pengangguran disebutkan sebesar 5% atau lebih rendah dari perkirakaan pelaku pasar yang sebesar 5,1%.

Namun hingga tulisan ini dimuat, pergerakan nilai tukar mata uang Dolar Australia (yang sering disebut Aussie) terlihat hanya menguat tipis. Pantauan terkini menunjukkan, pergerakan Aussie yang menguat 14 poin atau 0,2% terhadap Dolar AS dengan berada di kisaran 0,7155. Sebelumnya sejumlah laporan menyatakan, pelaku pasar yang sangat menantikan rilis data perekonomian Australia terkini guna menentukan arah gerak Aussie. Untuk dicatat, pergerakan Aussie yang dalam 8 hari sesi perdagangan terakhir justru melemah usai membentuk trend penguatan harian.

Pergerakan melemah Aussie akhirnya menyeret keraguan atas terbentuknya trend penguatan tersebut. Hingga kini, trend penguatan harian Aussie masih berlanjut, namun gerak naik yang terbatas kini semakin rawan terancam.

Sementara laporan terkini dari bursa saham Australia menyebutkan, pergerakan indeks ASX 200 yang mampu berbalik ke zona positif moderat dalam sesi pagi ini setelah mengawali dengan pelemahan tipis. Pelaku pasar di Australia nampaknya masih membutuhkan arahan dari sentimen regional guna menentukan arah gerak indeks menyusul gagalnya rilis data penngangguran memberikan dorongan bagi ASX 200.

 

 

 

 

 

Sumber : .bizlaw.id
Gambar : Forex Starmoon

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *