Komisi III DPR Bahas Kelanjutan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan

Komisi III DPR menggelar rapat internal membahas kelanjutan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Dua RUU tersebut sebelumnya batal disahkan karena desakan publik.

Anggota DPR Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan, rapat hari ini membahas nasib RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan tersebut, apakah bakal dibahas kembali atau disahkan, tergantung kesepakatan fraksi.

“Semuanya tergantung kesepakatan fraksi-fraksi, nah nanti kita lihat, kan ini kita mau bicara dua RUU carry over. Carry over itu kita mau langsung kerjakan. Mungkin masa sidang depan ya, kalau masa sidang ini kan tinggal minggu depan,” ujar Trimedya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Trimedya berpendapat, terbuka opsi untuk membahas kembali pasal-pasal di RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan yang dianggap publik bermasalah. Sementara untuk pasal yang sudah tak ada perdebatan, menurutnya, tak perlu dibahas kembali.

“Bahas ulang itu sebatas yang dianggap bermasalah sama masyarakat itu aja, kalau enggak bermasalah, ngapain,” ujar politikus PDIP itu.

Revisi KUHAP

Trimedya juga membuka opsi menggencarkan kembali sosialisasi ke masyarakat. Dia menilai, RUU KUHP seharusnya tidak dibahas terlalu lama, serta dapat diselesaikan pada periode ini. Ditambah lagi ada agenda merevisi Kitab Hukum Acara Pidana (KUHAP).

“Karena ini master piece enggak boleh lama-lama juga ini selesai. Kalau kita mau sempurna ya sulit lah. Semua orang menunggu, habis ini kalau bisa periode yang sekarang ini KUHAP. Jadi, sempurna hukum kita, kita selesaikan KUHP sama KUHAP,” ucapnya.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *