Trump Sebut Penyelesaian Perang Dagang Tunggu Pilpres 2020

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan upaya untuk menyelesaikan perang dagang dengan China kemungkinan besar tidak bisa berlangsung cepat. Ia mengatakan penyelesaian dapat terjadi setelah pemilihan AS November 2020 mendatang.

“Saya tidak punya batas waktu. Dalam beberapa hal saya menyukai gagasan menunggu sampai setelah pemilihan untuk kesepakatan Cina,” kata Trump seperti dikutip dari AFP, Rabu (4/12).

Perang dagang Trump dengan Cina dan upaya yang terus-menerus dilakukan untuk mencapai kesepakatan telah mengganggu pasar dan memicu ketegangan geopolitik.

Sampai akhir pekan lalu Trump membual bahwa ia berada dalam pergolakan akhir untuk menyelesaikan konflik dagangnya dengan China. Di tengah sikap tersebut, ia malah membangkitkan amarah China

Hal tersebut ia lakukan dengan menyatakan dukungannya kepada para pengunjuk rasa Hong Kong. Dukungan tersebut memicu kemarahan China dan membuat pasar makin ragu damai dagang antara AS dengan China akan segera terwujud.

“Saya melakukan dengan sangat baik dalam kesepakatan dengan China, jika saya ingin membuatnya. Saya tidak berpikir itu ‘jika mereka ingin membuatnya’, itu ‘jika saya ingin membuatnya’. Dan kita akan lihat apa yang terjadi,” katanya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Harian Nasional

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *