Gebrakan Erick Thohir Bantu Indonesia Jadi Negara Maju

Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran pejabat eselon I Kementerian BUMN. Sebanyak tujuh deputi dan satu sekretaris utama dimutasi telah serentak dan jabatan tersebut saat ini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani bilang gebrakan Erick Thohir sejalan dengan tuntutan usaha di level internasional.

“Negara-negara maju semakin banyak menyoroti dengan negatif kondisi persaingan usaha yang dianggap tidak sehat dan tidak fair antara BUMN dengan perusahaan pada umumnya,” tuturnya kepada Liputan6.com, Kamis (21/11/2019).

Dia bercerita, peran BUMN di negara berkembang banyak dipermasalahkan oleh negara maju karena intervensi kepentingan politik-ekonomi pemerintah yang terlalu kental.

“Sehingga menciptakan persaingan usaha yang tidak seimbang dengan perusahaan pada umumnya. Karena tingginya kepentingan politik-ekonomi tersebut juga, management usaha BUMN kerap dianggap nature kerjanya banyak terpengaruh birokrasi pemerintah (semi-birokrasi),” tegasnya.

Sebab itu sebagai pengusaha, pihaknya menyambut positif aksi perombakan besar-besaran yang dilakukan Erick Thohir di kementerianya.

“Kami rasa tidak ada salahnya kita membenahi BUMN kita dari sekarang agar ketika ada tuntutan-tuntutan seperti itu dari negara lain di masa mendatang, kita bisa menghadapi dengan baik tanpa terlalu mengganggu kepentingan nasional kita,” paparnya.

“Ini juga positif untuk menghindari berbagai tuduhan kepada Indonesia terkait persaingan usaha dengan BUMN,” tambahnya.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Merdeka.com

 

 

 

[social_warfare
buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *