Asisten Wasit Nyaris Bikin Arsenal Kalah dari MU

Arsenal beruntung terhindar dari kekalahan karena kelalaian asisten wasit saat bermain imbang 1-1 melawan Manchester United (MU) di pekan ketujuh Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Selasa (1/10) dini hari WIB.

The Gunners membawa pulang satu poin dari Manchester usai ditahan imbang 1-1 oleh MU di kandangnya.

Tuan rumah unggul lebih dahulu lewat gol gelandang Scott McTominay di menit ke-45 usai memanfaatkan assist Marcus Rashford.

Tetapi, striker Pierre-Emerick Aubameyang bisa menyamakan kedudukan di menit ke-58 setelah mendapat umpan terobosan dari pemain muda Bakayo Sako.

Gol Aubameyang itu sempat menjadi perdebatan bagi kedua tim di lapangan. Pasalnya, asisten wasit Scott Ledger lebih dahulu menyatakan Aubameyang offside sebelum mencetak gol.

Sesaat setelah Aubameyang menerima operan Sako, Ledger langsung mengangkat tinggi-tinggi bendera yang dipegang di tangan kanannya.

Bahkan, bek MU Victor Lindelof seperti menunjukkan gestur bersyukur usai melihat Ledger mengangkat bendera setelah Aubameyang membobol gawang David de Gea.

Meski demikian, wasit Kevin Friend bisa menahan diri dan tidak langsung meniup peluit guna memutuskan Abuameyang terperangkap offside.

Friend memilih meninjau video assistant referee (VAR) guna memastikan gol Aubayemang offside atau tidak. VAR pun menyatakan gol Aubayemang sah.

Dalam tayangan ulang, saat Sako mengoper bola kepada Aubameyang, masih terdapat bek MU Harry Maguire sebagai pemain lapangan terakhir MU di belakang striker asal Gabon itu.

Menurut mantan wasit Liga Inggris Mark Clattenburg, peristiwa di Old Trafford itu perlu jadi pelajaran bagi setiap asisten wasit untuk bisa menahan mengangkat bendera.

“Keputusan memutuskan Aubameyang offside adalah keputusan yang sangat buruk dari asisten wasit Scott Ledger, yang jelas-jelas dalam posisi segaris dan mungkin kehilangan konsentrasi,” ujar Clattenburg dikutip dari Daily Mail.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : cnnindonesia.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *