Hadir di KTT G7, Trump Tak Ikut Pembahasan Soal Iklim dan Amazon

Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak menghadiri diskusi penting soal perubahan iklim dan kebakaran Amazon di KTT G7. Dilaporkan bahwa kursi Trump kosong sejak awal pembicaraan.

Saat ia bertemu wartawan dan ditanya apakah ia menghadiri pembicaraan tentang iklim dan Amazon, Trump menjawab, “Kami akan mengikutinya sebentar lagi,”

Trump tidak menyadari bahwa pembicaraan yang dimaksud oleh wartawan itu telah selesai. Ketidakhadiran Trump dibenarkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, namun dikatakan bahwa Trump diwakili oleh timnya. Macron menambahkan bahwa ia telah melakukan pembicaraan panjang dan mendalam soal Amazon dengan Trump.

Macron telah menempatkan darurat iklim dan perlindungan keanekaragaman hayati sebagai diskusi pokok forum G7, bahkan sebelum kebakaran melanda. Tetapi sesaat sebelum sesi dimulai pada hari Sabtu ((24/8), tampak bahwa rombongan Trump merasa mendiskusikan iklim tidak terlalu penting, dibandingkan dengan ekonomi.

Laporan di AS mengatakan para pembantu senior Trump merasa Macron berusaha mempermalukan Trump dengan membuat pertemuan puncak itu fokus pada “masalah khusus” seperti perubahan iklim atau kesetaraan gender.

Macron mengumumkan bahwa G7 telah menyetujui dana segera setidaknya USD 20 juta (Rp285 miliar) untuk membantu melawan kebakaran hutan Amazon dan merilis inisiatif global jangka panjang untuk melindungi hutan hujan. Dia mengatakan Amazon adalah paru-paru planet ini dan para pemimpin dunia sedang mempelajari kemungkinan dukungan serupa di Afrika yang juga menderita kebakaran di hutan hujannya.

Macron telah mendorong kebakaran Amazon ke puncak agenda KTT setelah menyatakan kondisi Amazon saat ini sebagai darurat global, dan memulai diskusi tentang bencana tersebut pada jamuan makan malam selamat datang untuk para pemimpin lainnya pada hari Sabtu.

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Pantau.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *