Perdana Menteri Mundur, Presiden Italia Minta Waktu Konsultasi

Presiden Italia Sergio Mattarella menerima pengunduran diri Perdana Menteri Giuseppe Conte, Selasa, 20 Agustus 2019 waktu setempat. Mattarella meminta waktu untuk berkonsultasi dengan para ketua partai pada Rabu, 21 Agustus 2019 guna mencari solusi bagi krisis politik di negaranya.

Mattarella meminta agar Conte tetap melanjutkan tugas-tugasnya selama selama diskusi mencari solusi ini berjalan. Rencananya, pertemuan dengan para ketua partai seluruh Italia dimulai sekitar pukul 16.00 dan menargetkan sudah mendapat keputusan pada Kamis sore, 22 Agustus 2019.

Mattarella sangat berharap bisa melihat apakah ada kemauan politik untuk membentuk pemerintahan baru. Sebab jika tidak, maka ia harus membubarkan parlemen, 2 tahun lebih cepat dari jadwal, dan mengadakan pemilu dini.

Perdana Menteri Conte mengundurkan diri setela menuding Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini membuat koalisi partai berkuasa tenggelam dan membahayakan perekonomian negara demi kepentingan pribadi dan politiknya. Perdana Menteri Conte juga menuduh Partai Liga sayap kanan yang diketuai Salvini berorientasi uang demi menaikkan popularitasnya.

Tuduhan itu dilontarkan ketika pada 8 Agustus 2019, Salvini mendeklarasikan aliansinya dengan kelompok anti-kemapanan, yakni Gerakan Lima Bintang, berakhir. Dia pun menyerukan agar dilaksanakan pemilu, meski dia belum mampu membuktikan adanya kesalahan politik. Tindakan Salvini pun dituding hanya membuka pintu bagi para rival-rivalnya.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Sardegna Solidale

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,T
witter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *