Banyak Pemain Berbakat, PSSI Ingin Bentuk Tiga Timnas di Junior

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia berencana membentuk tiga tim nasional di tingkat junior. Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan ada peluang membentuk tiga tim nasional di U-16 dan U-19.

Alasan utama yang menjadi pertimbangan PSSI, kata dia, ialah karena berlimpahnya para pemain berbakat di Indonesia. “Bisa saja nanti ada Timnas U-16 di wilayah timur, tengah, dan barat,” ucap Joko di Jakarta, Kamis, 20 Desember 2018. Dengan adanya tiga tim, ia berharap, Indonesia akan mempunyai banyak pilihan pemain.

Peluang bertambahnya tim, lanjut Joko, secara tidak langsung akan menambah kursi pelatih di kelompok umur. Bila skema tiga timnas berjalan setidaknya akan ada dua hingga tiga pelatih yang menangani Timnas U-16 dan U-19.

Meski demikian, Joko melanjutkan, untuk saat ini federasi baru menunjuk pelatih di Timnas U-16, yakni Bima Sakti dan Timnas U-22 yang ditangani Indra Sjafri. Sementara kepala pelatih di Timnas U-19 PSSI masih melakukan proses pencarian. “Masih ada satu bulan lagi untuk mencari pelatih (Timnas U-19),” kata dia.

Lebih lanjut, Joko menyatakan, wacana pembentukan tiga Timnas di kelompok umur U-16 dan U-19 akan mendapat kepastian pada tahun depan. Ihwal tim mana yang akan diturunkan dalam sebuah turnamen, menurut dia, hal itu belum menjadi pembahasan PSSI. “Penting memang mengangkat piala, tapi kami ingin beri kesempatan (ke pemain muda),” ucapnya.

 

 

 

 

 

Sumber : Tempo.co
Gambar : Bola – Tempo.co

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *