Libur Natal dan Tahun Baru, 4 Zona di Garut Disorot Aparat

Polisi antisipasi terjadinya bencana alam di jalur Garut menjelang libur Natal dan tahun baru 2019. Personel polisi, TNI serta jajaran Pemkab Garut telah berunding untuk mengatasi hal tersebut.

Guna memudahkan proses penanggulangan dan antisipasi, jajaran Forkopimda Garut telah membagi wilayah ke dalam empat zona. “Kita sudah buat zona, kaitan daerah dengan kerawanan bencana,” ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Jawa Barat, Senin (17/12/2018).

Zona itu terdiri selatan, utara, barat, dan timur. Selatan merupakan zona paling rawan terjadi bencana. Zona selatan meliputi daerah-daerah seperti Pamengpeuk, Cikelet Bungbulang hingga Caringin.

Zona selatan paling diperhatikan lantaran kerap jadi tujuan wisata. Di sisi lain, kala musim hujan, di daerah itu juga kerap terjadi tanah longsor karena kontur tanah di kawasan selatan Garut labil.

Budi menyampaikan pemerintah sudah menyiagakan alat berat di titik-titik yang dianggap rawan. “Kita sudah bahas bersama terkait penanganan bencana, ada dari kami (polisi), TNI, BPBD dari Pemda termasuk elemen SAR masyarakat yang siap membantu,” katanya.

Selain mengantisipasi bencana, polisi juga menyiapkan strategi pengaturan lalu lintas jelang libur Natal dan tahun baru. Sarana pengaturan lalin segera didirikan dalam waktu dekat.

“Kami sedang membuat, merumuskan lagi, kaitan dengan pos pelayanan, pos terpadu termasuk pos gatur yang akan kita pasang,” ujar Budi .

 

 

 

 

Sumber : Detik.com
Gambar : Kabariku.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *