Pemerintah Terima Hasil Penyelidikan Komnas HAM soal Kanjuruhan

Komnas HAM menyerahkan laporan hasil penyelidikan soal tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, kepada pemerintah. Laporan itu diterima oleh Menko Polhukam Mahfud MD.

“Hari ini, saya atas nama pemerintah menerima laporan hasil investigas Komnas HAM atas tragedi sepakbola di Kanjuruhan, Malang,” kata Mahfud dalam konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (3/11).

Mahfud mengatakan telah berdiskusi dan memahami isi laporan yang disampaikan Komnas HAM.

Ia pun menyatakan pemerintah menampung hasil penyelidikan Komnas HAM ini untuk menentukan langkah lebih lanjut di masa mendatang, baik untuk jangka pendek ataupun panjang.

Ketua Komnas HAM Taufan Damanik mengatakan hasil investigasi Komnas HAM telah dilakukan dan disusun secara komprehensif.

Ia menegaskan komisi menggunakan instrumen HAM sebagai indikator pemantauan hingga membuat rekomendasi.

“Laporan kami sangat komprehensif. Dan sebagai lembaga HAM kami menggunakan instrumen HAM sebagai indikator pemantauan penyelidikan dan membuat analisis, fakta-fakta, dan kesimpulan serta rekomendasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Komnas HAM menyimpulkan tragedi di Stadion Kanjuruhan merupakan peristiwa pelanggaran pidana dan HAM. Komnas HAM menyebutkan penggunaan gas air mata oleh polisi merupakan pemicu jatuhnya korban jiwa dan luka-luka di Kanjuruhan.

Mereka juga mengatakan polisi tak cukup hanya menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam peristiwa itu.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *