Dolar AS Bikin Keok Rupiah ke Rp 14.610

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini mengalami penguatan. Dolar AS berada di level Rp 14.610.

Mengutip data perdagangan Reuters, Selasa (11/12/2018), dolar AS berada di level tertingginya Rp 14.615 dan level terendahnya di Rp 14.560.

Penguatan dolar AS terhadap rupiah terus terjadi belakangan ini. Tidak hanya rupiah, mata uang negara berkembang lainnya juga terkena dampak penguatan dolar AS.

Kepala Riset Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan Bank Indonesia (BI) perlu melakukan intervensi agar nilai tukar rupiah tidak kembali jatuh. Apalagi, saat ini cadangan devisa telah meningkat US$ 20 miliar dari bulan sebelumnya.

“BI perlu melakukan intervensi agar rupiah menguat. Apalagi cadangan devisa kita sudah meningkat kan dari rilis kemarin,” jelasnya kepada detikFinance.

Lana menjelaskan, intervensi tersebut dilakukan agar rupiah tidak mencapai batas di atas Rp 14.800. Sebab, angka tersebut dianggap sebagai titik balik menuju Rp 15.000.

“Jadi mesti ambil posisi intervensi bisa menahan jangan di Rp 14.800. Karena itu kunci melewati titik resistan bisa kembali ke Rp 15.000,” papar dia.

 

 

 

 

 

Sumber :  Detik.com
Gambar : BeritaSatu.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *