Piala AFF: Timnas Vs Timor Leste 3-1, Berkat Pergantian Pemain

Tim nasional sepak bola Indonesia sukses merebut tiga poin dalam pertandingan lanjutan Piala AFF Suzuki 2018. Anak asuh Bima Sakti berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 dalam laga yang berjalan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa, 13 November 2018. Dengan hasil itu Indonesia duduk di peringkat dua klasemen Grup B dengan nilai tiga.

Kedua tim langsung saling menekan di menit awal. Timor Leste terlihat tampil lepas dan beberapa kali serangannya membuat repot barisan pertahanan Indonesia. Sedangkan Indonesia terlihat masih mencari bentuk permainan. Aliran bola antarpemain kerap kali berhasil dipotong pemain Timor Leste.

Serangan Indonesia baru terlihat setelah melewati menit 20. Kesempatan emas didapat pada menit 34 lewat aksi Andik Vermansah. Umpan lambungnya ke Evan Dimas yang disambut dengan sundulan nyaris menjebol gawang Fagio Augusto. Skor imbang tanpa gol bertahan babak pertama.

Memasuki babak kedua Indonesia dikejutkan oleh gol tim tamu pada menit 47. Berawal dari pergerakan di sisi kiri Indonesia, tendangan lambung yang terukur dari Rufino Walter gagal ditepis kiper Andritany Ardhiyasa. Timor Leste memimpin 1-0.

Pelatih Bima Sakti kemudian menggantikan Febri Hariyadi dengan Riko Simanjuntak di sayap dan gelandang Stefano Lilipaly masuk menggantikan Septian David Maulana.

Indonesia segera membalas lewat aksi Alfath Faathier di menit 60. Tendangan dari luar kotak penalti pemain Madura United itu sukses tembus ke gawang Timor Leste. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Skor imbang tak bertahan lama. Tim Garuda menambah keunggulan melalui tendangan penalti Stefano Lilipaly pada menit 68. Stefano Lilipaly sukses mengecoh Fagio dan membawa Indonesia unggul 2-1.

Unggul dua gol tak menurunkan tekanan Indonesia kepada tim tamu. Umpan silang Riko Simanjuntak dari sisi kanan berhasil dioptimalkan oleh Alberto Goncalves. Sundulan penyerang Sriwijaya FC itu menambah keunggulan menjadi 3-1 pada pertandingan kedua fase Grup B Piala AFF 2018. Tak ada tambahan gol hingga wasit Asimov Aziz asal Uzbekistan meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

 

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Detik Sport

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *