Kemenangan Partai Demokrat AS Tak Menjamin Perang Dagang Mereda

Walaupun Demokrat menang dalam kursi DPR Amerika Serikat (AS), Presiden AS Donald Trump masih dapat mengganggu negara-negara lain di tahun-tahun mendatang, dengan konflik perdagangan.

Dalam pemilu paruh waktu ini, demokrat merebut kendali Dewan Perwakilan (DPR) AS. Namun, dalam waktu yang sama, Partai Republik Trump berhasil memenangkan pemilihan di anggota senat.

Dengan kemenangan demokrat, menurut para Analis Eropa House Democrats, DPR kini kekuatan DPR hanya sebatas meminta uji banding. Namun pada kebijakan luar negeri, Trump masih memiliki kekuatan mengatur keseluruhan agenda.

Selain itu, analis juga memprediksi demokrat akan menekan Arab Saudi dan Rusia. Hal ini karena mereka tidak memiliki kekuatan untuk mengganti agenda utamanya: konflik perdagangan dengan China dan sanksi ke Iran.

“Kekuatan eksekutif presiden yang luar biasa, terutama dalam kebijakan luar negeri, tetap tak tersentuh,” Norbert Roettgen, kepala komite urusan luar negeri di Bundestag Jerman, yang dilansir oleh Reuters (7/11).

“Namun, kami juga melihat kemenangan demokrat di DPR dapat menegosiasikan kebijakan-kebijakan luar negeri AS.”

Peter Trubowitz, direktur Pusat Amerika Serikat di London School of Economics, mengatakan: “Demokrat kemungkinan akan menegosiasikan konflik di Cina, Iran, dan perbatasan Meksiko.

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : BBC.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *