Menlu Korut Tiba Di New York untuk Hadiri Sidang Umum PBB

Menteri Luar Negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong Ho telah tiba di New York, Amerika Serikat (AS) pada Selasa kemarin. Rencananya, ia akan menghadiri Sidang Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang digelar pekan ini. Rabu (26/9/2018), setibanya di New York, Ri langsung menuju hotel tempatnya menginap tanpa menjawab satupun pertanyaan dari awak media yang menunggunya. Sebelumnya pada pekan lalu, para pemimpin Korut dan Korea Selatan (Korsel) menyatakan deklarasi bersama terkait kesiapan Korut untuk menutup fasilitas nuklirnya di Nyongbyon.

Namun hal itu baru akan direalisasikan jika AS melakukan langkah yang juga memuaskan Korut. Pada Senin lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa pertemuan puncak kali kedua dengan Pemimpin Korut Kim Jong Un, akan dihelat beberapa pekan ke depan. Terkait kemunculan Ri di New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB, ada spekulasi yang berkembang bahwa ia akan melakukan pertemuan juga dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di kota tersebut.

Pompeo dan Ri dikabarkan akan melakukan pembahasan mengenai jadwal pertemuan puncak (KTT) dan persiapan kunjungan Pompeo ke Korut. Nantinya, perhatian akan difokuskan pada apa yang akan disampaikan Ri dalam pidatonya di hadapan Majelis Umum PBB pada Sabtu mendatang. Banyak pihak yang memprediksi Menlu Korut itu akan menbahas masalah denuklirisasi Semenanjung Korea.

 

 

 

 

Sumber Berita : tribunnews.com
Sumber foto : Liputan6.com

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *