Gempa Bumi 6,7 SR Guncang Negara Kepulauan Vanuatu

Rabu (22/8) Negara Kepulauan Pasifik Vanuatu diguncang gempa bumi 6,7 SR. Namun Lembaha Survei Geologi AS mengungkapkan tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 30 km dengan pusat gempa di ujung utara pulau Ambrym yang jarang penduduk.

“Getaran dirasakan di seluruh Vanuatu,” kata ahli geologi senuor Geoscience Australia Eddie Leask kepada AFP. “Pusat gempanya cukup dangkal. Namun sulit untuk mengatakan apakah gempa tersebut akan menyebabkan kerusakan atau tidak. Tapi semuanya tergantung pada bangunan, jenis tanah, dan lainnya.”

Kantor penanggulangan bencana Vanuatu mengatakan bahwa sampai saat ini mereka belum mengetahui adanya kerusakan langsung. Vanuatu, negara dengan populasi sekitar 280 ribu yang tersebar di lebih dari 65 pulau ini memang dianggap sebagai salah satu negara paling rawan bencana di dunia. Vanuatu berada di lingkaran cincin api pasifik. Lokasi tersebut membuatnya rentang dihantam gempa bumi kuat dan letusan gunung api. Terpaan angin siklon kuat juga terjadi secara teratur dan menyerang pulau-pulau sekitar.

 

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : Hetanews

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *