OSO Securities: IHSG Diperkirakan Melemah

Pada perdagangan awal pekan ini (30/07), IHSG berhasil ditutup menguat sebesar 0,65% ke level 6.027,94. Delapan dari sepuluh indeks sektoral berakhir dalam zona hijau, dimana sektor pertambangan dan perkebunan memimpin penguatan masing-masing sebesar 2,72% dan 1,81%. Adapun saham yang menjadi penggerak indeks di antaranya BMRI, ASII, ADRO, GGRM, BYAN.

Kenaikan pada indeks terjadi seiring rencana dari pemerintah yang ingin menghapus kebijakan harga batu bara untuk listrik dalam negeri (DMO) yang diperkirakan akan dilaksanakan mulai tahun depan. Hal ini menjadi sentimen positif bagi emiten pertambangan batu bara pada perdagangan kemarin, tercatat saham HRUM, INDY dan ADRO kompak ditutup menguat signifikan. Pelaku pasar asing membukukan aksi beli bersih (nett buy) sebesar Rp 234 miliar. Nilai tukar rupiah terapresiasi sebesar 0,01% ke level Rp
14.415.

Sementara itu, indeks utama bursa Wall Street kompak ditutup dalam zona merah pada perdagangan awal pekan ini. Indeks Dow Jones turun 0,57%, S&P melemah 0,58%, dan Nasdaq tertekan 1,39%. Nasdaq memimpin penurunan seiring dengan kekhawatiran pelaku pasar pasca rilisnya beberapa laporan pendapatan perusahaan teknologi dan internet yang di bawah perkiraan serta antisipasi menjelang pertemuan Federal Reserve.

Selain itu, pelemahan yang terjadi juga merupakan respons dari pelaku pasar menyikapi rilisnya data manufacturing Dallas Fed index bulan Juli yang kembali turun ke level 32.3 dari sebelumnya di level 36.5. JCI Prediction IHSG ditutup menguat sebesar 0.65% ke level 6,027.

IHSG break up resistance terdekat dan sudah menutupi area gap dengan indikator Stochastic berada di area overbought, MACD histogram bergerak positif dengan volume meningkat. Kami perkirakan IHSG bergerak melemah antisipasi aksi ambil untung dengan pergerakan di kisaran 5.947-6.055.

 

 

 

 

Sumber Berita : detik.com
Sumber foto : Analisa Saham

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *