Resmi, Wayne Rooney Kembali ke Inggris dan Jadi Pelatih Birmingham City

Mantan bintang Manchester United Wayne Rooney akhirnya kembali berkarier di Liga Inggris. Tentunya bukan sebagai pemain, melainkan jadi pelatih.

Rooney baru saja diumumkan sebagai pelatih baru Birmingham City yang berlaga di Divisi Championship (di bawah Liga Primer Inggris). Rooney diketahui dalam posisi “menganggur” setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih DC United pada musim panas ini.

“Birmingham City dengan bangga mengumumkan perekrutan Wayne Rooney sebagai pelatih. Kesepakatan kontrak akan berlaku selama tiga setengah tahun,” demikian pengumuman Birmingham di situs resminya.
Advertisement

Rooney akan menggantikan posisi John Eustace yang dipecat meski membawa Blues -julukan Birmingham- tampil cukup baik.

Di musim ini, Eustace sukses membawa Birmingham menempati peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi 18 poin dari 11 laga. Di laga terakhirnya sebelum dipecat, pelatih asal Inggris itu juga sukses membawa Blues menang 3-1 atas West Bromwich Albion.

Dipilihnya Rooney sebagai pelatih baru Birmingham tidak lepas dari campur tangan mantan bintang American football (NFL) Tom Brady yang merupakan salah satu pemegang saham Birmingham. Brady disebut-sebut sebagai “agen” yang meyakinkan Rooney untuk menerima pinangan Birmingham.

Melansir Birmingham Live, Rooney diyakini mendapat gaji tiga kali lipat dari yang didapat John Eustace, yakni sekitar 1,5 juta poundsterling per musimnya.

“Saya sangat senang bergabung dengan Birmingham City pada momen yang sangat menarik. Sangat jelas bahwa mereka (klub) memiliki rencana yang jelas dan berkomitmen untuk merealisasikan ambisi mereka untuk klub. Saya tidak sabar untuk memulai petualangan baru bersama Birmingham,” kata Rooney.

Bagi Rooney, ini adalah kali kedua ia melatih di Inggris. Sebelumnya, pria 37 tahun tersebut sempat menghabiskan satu setengah tahun melatih klub Championship Derby County.

Rooney memiliki waktu sekitar 10 hari untuk bersiap melakoni debutnya sebagai pelatih Birmingham, di mana ia akan langsung menghadapi mantan rekan setimnya di MU, Michael Carrick yang melatih Middlesbrough. Duel Middlesbrough vs Birmingham City akan digelar di Riverside Stadium kandang Middlesbrough pada Sabtu 21 Oktober 2023.

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *