Arab Saudi Kembali Angkat Solusi Dua Negara Palestina-Israel ke Permukaan

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan kembali menegaskan bahwa tidak akan ada solusi dari konflik Palestina-Israel tanpa kemerdekaan Palestina.

“Setelah banyak orang kehilangan harapan terhadap perjuangan Palestina, hari ini, kami mengangkat isu Solusi Dua Negara (Two-State Solution) Palestina-Israel kembali ke permukaan,” kata Pangeran Faisal.

Ia menambahkan bahwa sejauh ini ada “eskalasi yang terus berlanjut di wilayah pendudukan.”

Menlu Arab Saudi berbicara kepada media usai memimpin pertemuan tingkat menteri di New York, Amerika Serikat (AS) yang bertujuan membangun perdamaian di Timur Tengah.

“Kami berupaya untuk memulai kembali pembicaraan mengenai Solusi Dua Negara, dan kami telah berkoordinasi penuh dengan saudara-saudara kami di Palestina untuk memastikan pembalikan situasi,” ucapnya, mengutip dari laman The National News, Selasa, 19 September 2023.

Krisis Kemanusiaan Palestina
Ia mengatakan pertemuan di New York bertujuan merevitalisasi upaya perdamaian serta meringankan penderitaan di tengah krisis kemanusiaan di wilayah Palestina.

Sebuah laporan Bank Dunia yang dirilis Senin kemarin menyebutkan bahwa kontrol Israel terhadap pergerakan warga Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat menghalangi mereka untuk menerima perawatan kesehatan yang dapat menyelamatkan jiwa.

Israel menduduki Tepi Barat pada 1967 setelah perang Arab-Israel. Daerah ini adalah rumah bagi sekitar tiga juta warga Palestina.

Pertemuan di New York dihadiri Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit, Menlu Mesir Sameh Shoukry, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell dan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Al Safadi.

Sebanyak 70 negara serta sejumlah organisasi internasional juga ikut ambil bagian dalam pertemuan tersebut.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *