Harga Minyak Mentah Dunia Turun, Imbas Penguatan Dolar AS

Harga minyak mentah berjangka AS dan Brent turun pada hari Kamis sebesar USD 1 per barel karena dolar AS yang lebih kuat dan ekspektasi melemahnya permintaan internasional.

“Minyak mentah berjangka merasakan tekanan korektif dari level tertinggi baru dalam Indeks Dolar AS serta semakin melemahnya angka-angka ekonomi dari zona euro, di mana aktivitas ekonomi tumbuh sebesar 0,1% vs perkiraan 0,3%,” kata Dennis Kissler, wakil presiden senior. perdagangan di BOK Financial.

Dolar AS menguat pada hari Kamis setelah sebelumnya mendorong yen ke level terendah dalam 10 bulan, dan membuat euro dan sterling berada di dekat level terlemahnya dalam sekitar tiga bulan, karena investor menaruh taruhan mereka pada perekonomian AS yang masih tangguh.

Data Ekonomi China

Pelaku pasar juga mencerna data beragam dari Tiongkok. Ekspor secara keseluruhan turun 8,8% pada bulan Agustus tahun ke tahun dan impor mengalami kontraksi 7,3%. Namun impor minyak mentah melonjak 30,9%.

“Ekspor produk Tiongkok meningkat pada bulan lalu, meskipun impor minyak mentah meningkat,” kata analis PVM Oil Tamas Varga.

Namun, permintaan AS tetap kuat, menurut laporan pemerintah AS pada hari Kamis.

Stok Minyak AS

Stok minyak mentah AS berkurang 6,3 juta barel pada minggu lalu, turun selama empat minggu berturut-turut dan turun lebih dari 6% pada bulan lalu, karena kilang beroperasi dengan kecepatan tinggi untuk memenuhi permintaan energi global, menurut data Badan Informasi Energi (EIA).

“Kami mengambil jeda dari reli yang kami alami di West Texas Intermediate,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates. “Laporan EIA yang baru saja keluar sangat mendukung.”

Penurunan pada hari Kamis terjadi setelah kenaikan sembilan sesi berturut-turut pada minyak mentah berjangka AS dan tujuh kenaikan berturut-turut pada Brent.

Pemangkasan Produksi Arab Saudi

Harga minyak melonjak pada awal pekan ini setelah Arab Saudi dan Rusia, dua eksportir minyak terbesar dunia, memperpanjang pengurangan pasokan secara sukarela hingga akhir tahun.

Pemotongan ini merupakan tambahan dari pemotongan produksi pada bulan April yang disepakati oleh beberapa produsen OPEC+ yang berlaku hingga akhir tahun 2024.

Kekhawatiran mengenai peningkatan produksi minyak dari Iran dan Venezuela, yang dapat mengimbangi pengurangan produksi dari Saudi dan Rusia, juga membatasi pasar.

“Saat ini, sangat sulit bagi kami untuk melihat faktor negatif apa pun karena keterbatasan pasokan,” kata analis CMC Markets yang berbasis di Shanghai, Leon Li.

“Namun, kita perlu mempertimbangkan kemungkinan risiko permintaan seperti pada kuartal keempat, pasar dapat melambat memasuki musim konsumsi minyak di luar jam sibuk setelah permintaan musim panas berakhir.”

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Metro Tv

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *