Biden Bertemu dengan Presiden Korsel dan PM Jepang Hari Ini

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan menggelar pertemuan trilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Jumat (18/8) ini.

Dikutip dari CNN, ketiga negara akan membahas soal sikap agresif Korea Utara. Menurut pejabat senior AS, para pemimpin tiga negara itu bakal membahas kerja sama pertahanan, teknologi, dan ekonomi.

Pertemuan trilateral para pemimpin negara itu digelar di Camp David yang terletak di kawasan Pegunungan Catoctin, Maryland. Ini jadi kali pertama Biden menjamu pimpinan negara asing di Camp David yang merupakan tempat negosiasi bersejarah bagi Presiden AS terdahulu.

Sementara itu, jelang pertemuan, Korea Selatan yakin Korea Utara sedang mempersiapkan peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) dan aksi ‘provokasi’ lainnya.

Seorang pejabat senior administrasi pun mengatakan AS mengantisipasi kritik dan reaksi dari Korea Utara dan China soal pertemuan tersebut. Namun, Biden disebut berupaya untuk menunjukkan kepada Korut dan China bahwa kemitraan AS, Korsel, dan Jepang.

Berjalan pada tingkat yang baru dan sebagai kekuatan fundamental.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : detikcom

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *