Harga Minyak Dunia Tersulut Aksi OPEC

Harga minyak dunia naik pada pembukaan perdagangan hari ini. Persoalan kurangnya pasokan minyak dari negara pengekspor minyak dan sekutunya akan menjadi pendorong harga minyak dunia.

Dikutip dari Investing.com, Selasa, 25 Juli 2023, harga minyak dunia naik 1,99 persen atau 1,61 bps dengan berada pada level USD82,49 per barel. Harga minyak mentah WTI naik sebesar 0,17 persen atau 0,14 bps dengan USD78,88 per barel.

Kedua harga acuan minyak mentah telah naik selama empat minggu berturut-turut dengan pasokan diperkirakan akan mengetat karena pemotongan dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya seperti Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+.

Di zona euro, aktivitas bisnis menyusut lebih dari yang diharapkan pada Juli karena permintaan di industri jasa-jasa dominan blok tersebut menurun sementara output pabrik turun pada laju tercepat sejak Covid-19 pertama kali terjadi.

Di AS, aktivitas bisnis melambat ke level terendah lima bulan pada Juli, terseret oleh perlambatan pertumbuhan sektor jasa-jasa, data survei yang diawasi ketat menunjukkan, tetapi penurunan harga input dan perekrutan yang lebih lambat menunjukkan bahwa Federal Reserve dapat membuat kemajuan di bidang penting dalam upayanya untuk mengurangi inflasi.

Investor telah memperkirakan kenaikan seperempat poin dari Fed dan Bank Sentral Eropa (ECB) minggu ini, jadi fokusnya akan tertuju pada apa yang dikatakan Ketua Fed Jerome Powell dan Presiden ECB Christine Lagarde tentang kenaikan suku bunga di masa depan.

Pemimpin Tiongkok, ekonomi terbesar kedua di dunia dan konsumen minyak terbesar kedua, berusaha meningkatkan dukungan kebijakan bagi ekonomi di tengah pemulihan pasca-Covid-19 yang berliku-liku.

Analis di Deutsche Bank mengatakan permintaan minyak di Tiongkok sekarang melampaui ekspektasi yang membantu menambah kepercayaan pada kemampuan Tiongkok untuk memenuhi (dua pertiga) pertumbuhan permintaan minyak tahun ini.

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *