KBRI Seoul Pastikan Tak Ada WNI dalam Korban Banjir di Korsel

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban bencana banjir yang terjadi di Korea Selatan.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, banjir dan tanah longsor yang melanda Korsel berdampak paling parah di beberapa kota di Provinsi North Gyeongsang, North Chungcheong, dan South Jeolla. Bencana itu disebabkan oleh hujan lebat yang berlangsung selama lebih dari satu minggu terakhir.

“Sebanyak 7.866 orang dari 13 kota telah dievakuasi dan ditempatkan di tempat penampungan sementara. Pemerintah Korea Selatan masih mengeluarkan peringatan nasional mengenai hujan lebat dan bahaya banjir di lebih dari 50 kota di seluruh negara,” tulis KBRI Seoul, seperti dikutip dari detikcom, Senin (17/7).

KBRI di Seoul terus melakukan koordinasi dengan otoritas lokal dan kelompok komunitas Indonesia melalui Tim Gerak Cepat (Gercep) yang tersebar di berbagai wilayah tempat tinggal WNI.

“Sampai saat ini, tidak ada laporan mengenai WNI yang menjadi korban meninggal dunia, hilang, atau dievakuasi,” kata KBRI Seoul.

KBRI Seoul juga telah mengeluarkan imbauan kepada WNI di Korsel agar meningkatkan kewaspadaan, selalu mengikuti perkembangan situasi melalui informasi resmi dari otoritas setempat dan media, serta segera menghubungi hotline KBRI Seoul jika menghadapi situasi darurat. Imbauan yang sama disampaikan melalui aplikasi Safe Travel Kemlu.

Berdasarkan data Imigrasi Korea per 31 Mei 2023, tercatat 47.304 WNI dengan visa tinggal di Korsel selama lebih dari 1 tahun. Para WNI itu terdiri atas pekerja migran, pelajar/mahasiswa, profesional, serta WNI yang menikah dengan warga negara Korea.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Detiknews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *