KBRI Bangkok Bahas Potensi Kerja Sama dengan 3 Provinsi Thailand Selatan

Duta Besar Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman bersama dengan delegasi KBRI Bangkok telah melakukan courtesy call ke tiga gubernur provinsi di Thailand Selatan pada tanggal 26 hingga 28 Juni 2023.

Kunjungan ini bertujuan membahas potensi peningkatan kerja sama antara Indonesia dan provinsi-provinsi tersebut, terutama dalam bidang perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan promosi seni budaya Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Gubernur Ekkarat Leesen dari Provinsi Phang Nga, Gubernur Sakra Kalpikarn dari Provinsi Ranong, dan Gubernur Visa Pulsirirat dari Provinsi Chumpon, KBRI Bangkok membahas berbagai peluang kerja sama yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Provinsi-provinsi di Thailand Selatan memiliki posisi strategis karena berbatasan langsung dengan Malaysia dan Indonesia di Laut Andaman, serta berperan penting dalam pengembangan konektivitas di kawasan utamanya terkait dengan koridor ekonomi IMT-GT (Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle).

Selain melakukan pertemuan resmi, Dubes Rachmat Budiman juga memberikan kuliah umum di depan sekitar 100 orang mahasiswa dan pengajar di Ranong Community College. Dalam kuliah tersebut, ia menjelaskan tentang hubungan bilateral antara Indonesia dan Thailand, serta peran kepemimpinan Indonesia dalam kepemimpinan ASEAN dan di forum-forum internasional lainnya.

Dubes Rachmat Budiman juga mengunjungi Kampus Chumphon dari Maejo University, di mana ia melakukan audiensi dengan eksekutif dan pengajar universitas, termasuk Rektor Maejo University, Assoc. Prof. Weerapon Thongma, Ph.D., yang berpartisipasi secara daring dari Kampus Chiang Mai.

Saat audiensi tersebut, Dubes Rachmat Budiman berharap dapat meningkatkan kerja sama akademik antara Maejo University dan universitas-universitas di Indonesia, serta mendorong pertukaran mahasiswa antara kedua negara.

Melalui kunjungan ini, KBRI Bangkok berusaha memperkuat hubungan antara Indonesia dan Thailand Selatan, dengan fokus pada pengembangan ekonomi, pariwisata, dan pendidikan. Kedua belah pihak meyakini bahwa kerja sama yang erat akan memberikan manfaat bagi kedua negara serta meningkatkan pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *