PM Norwegia Apresiasi Peran Indonesia untuk Afghanistan dan Myanmar

Dalam kunjungan kerjanya ke Norwegia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Jonas Gahr Store. Retno mengatakan, diskusi dengan PM Store berlangsung cukup lama.

“PM Norwegia menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pada saat saya bertugas menjadi Duta Besar Indonesia di Oslo, sehingga kita sudah saling kenal sejak lama,” kata Retno dalam pernyataan pers virtual, Rabu, 14 Juni 2023.

Pada pembukaan pertemuan, Retno mangatakan, PM Store menyampaikan apresiasi terhadap kepemimpinan Indonesia di G20. Ia meyakini Indonesia akan dapat memainkan leadership yang sama tahun ini di ASEAN.

“PM Store juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif Indonesia dalam isu Afghanistan dan Myanmar,” ucap Retno.

Keduanya menekankam pentingnya dialog dalam pertemuan tersebut, hal ini mengingat situasi dunia yang sangat fragmented dan dipenuhi ketidakpastian.

“Saya menekankan di dalam pertemuan mengenai pentingnya suara negara-negara Global South untuk didengarkan,” ucap Retno.

Selain bertemu dengan PM Store, Retno juga melakukan pertemuan dengan Menteri Iklim dan Lingkungan Norwegia.

“Dalam pertemuan, saya jelaskan mengenai penurunan tajam deforestasi di Indonesia. Data ini diapresiasi oleh pihak Norwegia,” ungkap Retno.

Indonesia dan Norwegia, katanya, berkomitmen untuk memperkuat implementasi nota kesepahaman (MoU) on Forest and other Land Use (FOLU) untuk mendukung pengurangan emisi.

Selain itu dibahas juga kemungkinan pengembangan kerja sama di bidang kemaritiman. “Dalam kaitan ini, saya sampaikan bahwa isu ocean ini juga akan menjadi salah satu prioritas Indonesia terutama dalam KTT AIS (Archipelagic and Island States) yang akan dituanrumahi oleh Indonesia pada tahun ini,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *