Makin Terkendali, Beberapa Titik Kebakaran Hutan Kanada Mulai Padam

Jumlah titik kebakaran hutan di Quebec mulai turun, dari 72 menjadi 44. Angka ini masih cukup tinggi, namun sebagian mulai bisa dikendalikan.

Menteri Sumber Daya Alam Quebec Maite Blanchette Vezina mengatakan, angka ini menunjukkan pemadam kebakaran di Quebec mulai unggul di sana.

Namun, Kanada masih memiliki 431 kebakaran aktif pada Minggu, 11 Juni kemarin. Ini menandakan, negara itu mengalami kebakaran musim semi terburuk, berdasarkan Pusat Kebakaran Hutan Antar Lembaga Kanada

Pada hari Senin, 12 Juni 2023, sekitar 1.200 petugas pemadam kebakaran, termasuk lebih dari 100 dari Prancis dan beberapa dari provinsi lain, diperkirakan akan memerangi kobaran api di Quebec.

“Dengan sumber daya yang kami dapatkan dari Prancis dan New Brunswick, situasinya lebih aman,” kata Blanchette Vezina, dilansir dari AFP.

Ia menambahkan, banyak pihak berwenang belum siap memulangkan warga yang dievakuasi. Penyebabnya, situasi yang masih belum jelas.

Seorang ahli meteorologi pemerintah federal memperkirakan, Quebec dapat menerima hujan ringan pada Selasa di beberapa daerah yang terbakar.

Di Alberta, pemerintah provinsi memperingatkan bahwa kebakaran menjadi semakin tak terduga dan bergerak mendekati kota Edson yang dievakuasi.

Kebakaran di selatan Edson meluas dan kini meluas hingga 204.000 hektare.

“Rabu lalu, kami pikir kami dapat menutup pusat kendali darurat kami dan pada hari Jumat, gagasan itu keluar dari pintu ketika api padam dengan sangat drastis,” kata Luc Mercier, kepala administrasi Yellowhead County.

Provinsi Pasifik British Columbia juga memerangi sejumlah besar kebakaran, termasuk kebakaran yang terjadi dalam jarak empat kilometer dari komunitas timur laut BC di Tumbler Ridge.

Pergeseran angin telah membantu petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api di kaki Pegunungan Rocky. Namun, suhu yang lebih hangat dan lebih kering pada hari Minggu dapat menyebabkan api membesar.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Purnawarta

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *