Peringatan Tsunami usai Gempa M7,8 di Kaledonia Baru, Australia Aman

Badan Meteorologi Australia (BOM) menyatakan Australia tidak terdampak ancaman tsunami yang berpotensi melanda Vanuatu, Fiji, Kiribati, dan Selandia Baru usai gempa 7,7 magnitudo mengguncang Kaledonia Baru, Jumat (19/5).

“Tidak ada ancaman terhadap Daratan Australia. Gelombang tsunami 22 cm teramati di Kaledonia Baru,” demikian laporan BOM Australia lewat Tweet-nya, Jumat (19/5).

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebelumnya melaporkan gempa M7,8 terjadi di Kaledonia Baru pada Jumat dengan kedalaman 38 kilometer.

Tsunami setinggi tiga meter sempat diprediksi menerjang beberapa pantai di Vanuatu.

Kendati begitu, USGS memperbarui peringatannya dengan menyebut potensi tsunami mencapai satu meter di kawasan tersebut, demikian dilaporkan CNN.

USGS juga mencatat gelombang di bawah 0,3 meter diperkirakan terjadi di Fiji, Kiribati, dan Kepulauan Kermadec di Selandia Baru.

Badan pertahanan sipil Selandia Baru pun mengeluarkan peringatan yang memperkirakan wilayah pesisir Selandia Baru akan mengalami arus yang kuat dan tidak biasa serta gelombang yang tidak terduga di kawasan pantai.

Wilayah Pasifik Selatan adalah salah satu daerah yang paling aktif secara seismik di dunia karena tingginya tingkat konvergensi atau pertemuan lempeng tektonik Australia dan Pasifik yang terus-menerus saling mendorong, menurut USGS.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *