Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Jepang, Gedung di Tokyo Bergoyang hingga Jalanan Aspal Retak

Gempa bumi kuat dengan perkiraan berkekuatan magnitudo 5,4 melanda Chiba dan prefektur tetangga di timur Jepang pada Kamis 11 Mei 2023 pagi waktu setempat.

Mengutip Straits Times, Kamis (11/5/2023), gempa tersebut diketahui terjadi sekitar pukul 04.16 waktu setempat di kota Kisarazu, Chiba, dan mengguncang gedung-gedung di ibu kota Tokyo. Bangunan bergoyang.

Gempa bumi Jepang tersebut memiliki intensitas dalam kategori Jepang strong 5 dari skala intensitas 7.

Japan Meteorological Agency (Badan Meteorologi Jepang) atau JMA mengatakan gempa terjadi di bagian selatan Chiba pada kedalaman sekitar 40 km.

Sepertinya tidak memicu tsunami, kata Badan Meteorologi Jepang itu.

Laporan NHK menyebut, di sebuah bar di Kisarazu, botol dan gelas minuman keras jatuh dari raknya dan pecah. Retakan juga ditemukan di jalan aspal, dan beberapa dinding balok runtuh setelah gempa.

Orang-orang di beberapa daerah Tokyo juga merasakan getaran gempa itu.

Pejabat dari departemen pemadam kebakaran dan pemerintah kota setempat mengatakan empat orang di prefektur Chiba dan Kanagawa mengalami luka ringan. Tiga dari mereka jatuh di rumah, dan yang lainnya terkena lampu jatuh di bagian kepala.

Pejabat Badan Meteorologi Jepang kemudian memperkirakan besarnya gempa pada 5,2 dan fokus pada kedalaman 40 kilometer.

Tremor pada skala upper 5 — skala seismik Jepang dari nol hingga 7 — tercatat di Kota Kisarazu di prefektur. Sementara goncangan pada skala lower 5 dilaporkan terjadi di Kota Kimitsu.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *