Salju Longsor Terjang Alpen Prancis, 5 Orang Tewas 1 Hilang

Orang kelima ditemukan tewas dan satu lainnya masih dinyatakan hilang setelah salju longsor menerjang area dekat Mont Blanc di pegunungan Alpen Prancis, lapor kantor kejaksaan setempat pada Senin, 10 April 2023.

Salah satu salju longsor paling mematikan di Prancis dalam beberapa tahun terakhir telah menerjang gletser Armancette pada Minggu kemarin, menewaskan dua pemandu dan menggulung sekitar 15 orang lainnya.

Setelah penemuan empat korban di hari yang sama, jaksa Karline Bouisset mengatakan tambahan jenazah seorang perempuan berusia 39 tahun telah ditemukan. Ia mengatakan “korban keenam masih hilang.”

Melansir dari laman AFP, satu orang menderita luka ringan akibat terkena imbas salju longsor, sementara delapan lainnya tidak terluka. Longsoran salju menutupi area seluas 1.600 meter.

Salju longsor terjadi di saat kondisi untuk bermain ski di Armancette relatif “baik” di hari Minggu Paskah, ucap Wali Kota Contamines-Montjoie, Francois Barbier.

“Saya pikir itu adalah longsoran paling mematikan musim ini,” ungkapnya.

Tidak ada peringatan salju longsor yang dikeluarkan untuk wilayah tersebut oleh otoritas cuaca Meteo France. Tetapi kombinasi udara hangat dan tiupan angin mungkin menjadi penyebab bencana tersebut.

“Kami turut berduka kepada para korban beserta keluarga mereka,” tulis Presiden Prancis Emmanuel Macron di Twitter.

Dua bersaudara tewas dalam longsoran salju di gletser yang sama di tahun 2014. Keduanya adalah pendaki berpengalaman berusia 20-an tahun.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *