Wadubes Australia: Ramadan Waktunya Refleksi dan Perkuat Toleransi

Ramadan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu umat Muslim dunia. Tak hanya dirasakan Muslim Indonesia, tapi juga di Australia.

“Kita tahu bahwa Ramadan adalah waktu yang sangat penting dalam setahun. Di sini di Indonesia, ini adalah waktu refleksi,” kata Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Steve Scott di Jakarta, Selasa, 4 April 2023.

“Ini saatnya menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk memikirkan nilai-nilai yang sangat penting bagi semua orang,” sambung dia.

Di bulan Ramadan, ujar Scott, menjadi saat yang tepat mengedepankan toleransi dan saling mengampuni. Dan hal tersebut, katanya, juga terjadi di Australia.

“Kami sekarang memiliki sekitar 600.000 Muslim yang tinggal di Australia. Jadi mereka juga merayakan bulan suci Ramadan,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Negeri Kanguru juga memiliki masyarakat multikultural, sehingga hal-hal seperti ini juga dapat dirasakan, meskipun tidak sekental di Indonesia.

Dalam kegiatan buka puasa bersama media ini, Scott juga menambahkan betapa eratnya kedutaannya menjalin kerja sama dengan para jurnalis. Ia mengharapkan, kerja sama ini akan semakin kuat ke depannya.

“Memiliki pers yang sangat bebas, sangat terbuka, sangat dinamis, sangat aktif, dan sangat profesional di Indonesia adalah hal yang sangat baik,” ujarnya.

Scott mengatakan, tahun depan Indonesia akan disibukkan dengan pemilu. Ia mengungkapkan, pers bekerja dengan sangat baik untuk menegakkan demokrasi, dan ia mendukung kebebasan pers tetap terjamin di Indonesia.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *