1 Juta Orang Turun ke Jalan dalam Demo yang Berakhir Bentrok di Prancis

Serikat pekerja Prancis menyerukan pemogokan dan protes nasional baru minggu depan. Aksi mogok ini akan bertepatan dengan rencana kunjungan Raja Charles III ke Prancis, setelah lebih dari 1 juta orang berdemonstrasi di seluruh negeri Kamis menentang reformasi pensiun yang kontroversial.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan demonstrasi di Paris telah dirusak oleh kekerasan, seperti banyak. Aksi ini menarik 119.000 orang yang merupakan rekor ibu kota selama protes pensiun. Jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar orang Prancis menentang RUU Presiden Emmanuel Macron untuk meningkatkan usia pensiun dari 62 menjadi 64 tahun, yang menurutnya diperlukan untuk menjaga sistem tetap berjalan.

“Membangun jumlah pemilih yang kuat, serikat pekerja dengan cepat menyerukan protes dan pemogokan baru pada Selasa ketika Raja Inggris dijadwalkan untuk mengunjungi Bordeaux pada hari kedua perjalanannya ke Prancis. Pintu kayu yang berat di Balai Kota Bordeaux dibakar dan dihancurkan Kamis malam oleh anggota demonstrasi yang tidak sah,” kata surat kabar Sud Ouest, seperti dikutip East Bay Times, Jumat 24 Maret 2023.

“Secara nasional, lebih dari satu juta orang bergabung dalam pawai protes yang diadakan di kota-kota besar dan kecil di seluruh negeri pada Kamis,” ucap Kementerian Dalam Negeri Prancis.

Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengunjungi markas polisi Kamis malam karena api masih menyala di beberapa lingkungan Paris, lama setelah pawai berakhir.

Demonstrasi diadakan sehari setelah Macron semakin membuat marah para pengkritiknya dengan berdiri teguh pada RUU pensiun yang dipaksakan oleh pemerintahnya melalui parlemen tanpa pemungutan suara.

“Sementara (presiden) mencoba untuk membalik halaman, gerakan sosial dan serikat ini menegaskan tekad dunia pekerja dan pemuda untuk mendapatkan pencabutan reformasi,” kata delapan serikat yang mengorganisir protes dalam sebuah pernyataan.

Mereka menyerukan tindakan lokal akhir pekan ini dan pemogokan dan protes nasional baru Selasa.

Pemogokan mengacaukan perjalanan saat pengunjuk rasa memblokade stasiun kereta api, Bandara Charles de Gaulle di Paris, kilang dan pelabuhan.

Bentrokan

Di Paris, pertempuran jalanan antara polisi dan kelompok bertopeng berpakaian hitam yang menyerang setidaknya dua restoran cepat saji, supermarket dan bank mencerminkan kekerasan yang meningkat dan mengalihkan perhatian dari puluhan ribu pawai damai.

Polisi, dilempari benda-benda dan kembang api, diserang berkali-kali dan menggunakan gas air mata untuk membubarkan perusuh. Kabut asap gas air mata menutupi sebagian Place de l’Opera, tempat para demonstran berkumpul di akhir pawai. Polisi memperkirakan ‘elemen radikal’ sekitar 1.000 orang.

Kekerasan merusak demonstrasi lainnya, terutama di kota-kota barat Nantes, Rennes dan Lorient di mana sebuah gedung pemerintahan diserang. Sementara di Lyon, halaman kantor polisi dibakar dan jendelanya pecah.

Protes nasional Kamis adalah demonstrasi kesembilan yang diorganisir oleh serikat pekerja sejak Januari, ketika para penentang masih berharap bahwa parlemen akan menolak langkah Macron untuk menaikkan usia pensiun. Tetapi pemerintah memaksanya dengan menggunakan tindakan konstitusional khusus.

Dalam sebuah wawancara Rabu, Macron menolak untuk mengalah dari posisinya bahwa undang-undang baru diperlukan untuk menjaga pundi-pundi pensiun tetap didanai. Penentang mengusulkan solusi lain, termasuk pajak yang lebih tinggi pada orang kaya atau perusahaan, yang menurut Macron akan merugikan perekonomian. Dia bersikeras bahwa RUU pemerintah untuk menaikkan usia pensiun harus dilaksanakan pada akhir tahun.

Dewan Konstitusi sekarang harus menyetujui langkah tersebut. Tapi lawan menolak untuk menyerah.

“Kami mencoba untuk mengatakan sebelum undang-undang diberlakukan bahwa kami harus menemukan jalan keluar dan kami terus mengatakan bahwa jalan keluar adalah pencabutan undang-undang,” ujar ketua serikat buruh CFDT yang moderat, Laurent Berger, kepada wartawan.

Kereta api regional dan berkecepatan tinggi, metro Paris, dan sistem transportasi umum di kota-kota besar lainnya terganggu. Sekitar 30 persen penerbangan di Bandara Paris Orly dibatalkan.

Menara Eiffel dan Istana Versailles, tempat raja Inggris akan makan malam dengan Macron, ditutup pada Kamis karena serangan tersebut.

Kekerasan, masalah yang sering muncul dalam protes, telah meningkat dalam beberapa hari terakhir. Gerald Darmanin telah mengatakan bahwa 12.000 pasukan keamanan akan berada di jalan-jalan Prancis Kamis, dengan 5.000 di Paris, Kementerian Pendidikan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sekitar 24 persen guru keluar dari pekerjaannya di sekolah dasar dan menengah pada hari Kamis, dan 15 persen di sekolah tinggi.

Di stasiun kereta Gare de Lyon Paris, beberapa ratus pemogok berjalan di rel kereta api untuk mencegah kereta bergerak, mengacungkan suar dan meneriakkan “dan kami akan pergi, dan kami akan pergi sampai penarikan” dan “Macron, lengser.”

“Tahun ini mungkin liburan kita tidak akan terlalu bagus,” kata Maxime Monin, 46, yang menekankan bahwa karyawan seperti dirinya, yang bekerja di angkutan umum, tidak dibayar pada hari-hari mogok.

“Tapi saya pikir itu sepadan dengan pengorbanannya,” tegasnya.

Di pinggiran utara Paris, beberapa lusin anggota serikat memblokir sebuah bus depot di Pantin, mencegah sekitar 200 kendaraan keluar pada jam sibuk.

Nadia Belhoum, seorang pengemudi bus berusia 48 tahun yang berpartisipasi dalam aksi tersebut, mengkritik keputusan Macron untuk memaksakan usia pensiun yang lebih tinggi.

“Presiden Republik bukanlah seorang raja, dan dia harus mendengarkan rakyatnya,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *