120 Personel Medis EMT Indonesia Berangkat ke Turki

Indonesia kembali mengirimkan misi kemanusiaan untuk gempa Turki. Hari ini, Senin, 13 Februari 2023, tim Emergency Medical Team (EMT) berangkat dari Jakarta menuju Adana, Turki.

Pengiriman ini dilepas secara resmi oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha di Lanud Halim Perdana Kusuma.

“Sebanyak 120 personel dokter dan tenaga medis EMT berasal dari Kemenkes, TNI, Polri dan Ormas,” demikian dikutip dari pernyataan Kementerian Luar Negeri.

Rombongan ini termasuk dua orang perwakilan dari Kemenlu RI dan seorang dari BNPB. “Otoritas Turki meminta EMT Indonesia membangun Field Hospital di wilayah paling parah terdampak, yaitu Distrik Hassa di Provinsi Hatay,” sambung mereka.

Selain personel EMT, bantuan logistik yang terdiri dari peralatan medis, obat-obatan, logistik pengungsian, generator listrik, dan bahan makanan, juga ikut diterbangkan dalam pengiriman ini.

Sebelumnya, tepatnya pada Sabtu lalu, gelombang pertama misi kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk penanganan pasca gempa bumi di Turki, tiba di Bandara Adana, Turki. Misi tersebut dibawa dengan dua pesawat TNI AU yang tiba pada dua waktu yang berbeda.

Pendaratan pertama pada pukul 10.05 waktu setempat dengan pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Sementara itu, pendaratan kedua pada pukul 17.00 waktu setempat dengan Hercules C-130 membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan dari Kementerian Pertahanan. Semua ketibaan pada Minggu, 12 Februari.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Gontornews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *