Bertemu Menlu Baru Malaysia, Menlu Retno Bahas Masalah TKI dan Myanmar

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Menlu Malaysia Zambry Abdul Kadir dalam membahas penguatan hubungan kedua negara, termasuk pelaksanaan kembalimekanisme konsultasi bilateral Indonesia-Malaysia di semua tingkatan.

“Kami juga membahas isu Buruh Migran Indonesia di Malaysia, termasuk penyelesaian kasus-kasus yang melibatkan Buruh Migran Indonesia,” kata Menlu Retno dalam konferensi pers virtual, Kamis, 15 Desember 2022.

Terkait isu kawasan, kedua menlu membahas situasi di Myanmar, dan sepakat untuk meningkatkan koordinasi dalam kerangka ASEAN. “Kami juga bertukar pandangan mengenai kebijakan Uni Eropa, termasuk peraturan baru mengenai deforestation-free commodities,” ujar Menlu Retno.

Dalam jumpa persnya, Menlu Malaysia berencana melakukan kunjungan ke Indonesia pada kesempatan pertama.

Zambry baru diangkat sebagai Menteri Luar Negeri Malaysia pada 2 Desember 2022. Ia kemudian dilantik sebagai Senator di Majelis Tinggi Parlemen satu hari setelahnya. Ia juga bertugas di Dewan Tertinggi partai United Malays National Organisation (UMNO)

Menlu Retno dan Menlu Malaysia bertemu di sela-sela KTT ASEAN-Uni Eropa. Dalam KTT ini, Presiden Joko Widodo sebagai kepala delegasi RI menekankan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan yang harus menjadi landasan kemitraan ASEAN-UE.

Jokowi juga menekankan, kemitraan ASEAN-UE harus berkontribusi pada pemulihan ekonomi inklusif, dan sektor perdagangan serta investasi harus dipermudah.

Presiden Jokowi juga mengatakan, kemitraan ASEAN-UE harus dapat memobilisasi pembiayaan dan alih teknologi ramah lingkungan serta memperkuat ekosistem pengembangan energi baru terbarukan.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *