Komentar Hendra Setiawan soal The Daddies Masuk 5 Besar Ranking BWF

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sangat bersyukur masih bertahan dalam jajaran lima besar daftar ranking BWF. Padahal, ganda putra Indonesia ini paling senior.

Ya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi pasangan yang masih bertahan ketika para pesaing seangkatan mereka sudah gantung raket alias pensiun.

Hendra sudah berusia 38 tahun sedangkan Ahsan 35. Meski demikian, pasangan berjulukan The Daddies ini masih bisa bertahan dalam persaingan menghadapi para rivalnya yang jauh lebih muda.

Saat ini, pasangan senior tersebut berada di peringkat kelima dunia. Posisi mereka turun karena sempat di urutan kedua hingga awal tahun 2022.

“Peringkat turun ke posisi lima, kalau buat saya di top five sudah bagus. Realistis saja, yang penting dalam tiap pertandingan masih bisa kasih yang terbaik,” ujar Hendra di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (13/10/2022), dikutip dari Antara.

The Daddies menilai, pergeseran peringkat BWF menjadi maklum mengingat kini badan olahraga tersebut telah kembali mengaktifkan perolehan poin setelah dibekukan akibat pandemi Covid-19.

Saat masih di peringkat kedua, posisi Ahsan/Hendra tergerus oleh pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Kemudian, posisi mereka kembali melorot pada pekan ke-36 karena digeser ganda putra peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan).

Nah, pada pekan ke-40 The Daddies turun satu peringkat lagi di posisi kelima. Mereka digeser pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

“Wajar ya peringkatnya pada turun karena tahun ini poin-poin sudah unfreeze. Sekarang masih oke lah. Lihat nanti peluangnya seperti apa di tur Eropa, optimistis bisa lolos dari (potensi bertemu) teman sendiri,” ujar Hendra.

Degradasi tak hanya dialami oleh The Daddies. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga harus lengser dari puncak ranking BWF dan kini ada di urutan ketiga.

Takuro Hoki/Yugo Kobayashi mengambil alih posisi teratas daftar ranking BWF, disusul Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Hendra, yang pernah menyabet medali emas Olimpiade bersama Markis Kido pada 2008 di Beijing, berharap sektor ganda putra Indonesia kembali merebut posisi teratas.

Dia pun masih optimistis soal potensi Marcus/Kevin, yang memang sangat menurun performanya. Menurut Hendra, pasangan berjulukan The Minions itu bisa kembali jadi nomor satu dunia jika bermain lebih konsisten dalam setiap turnamen tersisa sepanjang 2022.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *