DPR Bakal Rapat dengan Kapolri Besok, Bahas Kasus Sambo hingga Pembenahan Kepolisian

DPR RI melalui Komisi III bakal menggelar rapat dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo guna membahas kasus pembunuhan Brigadir J yang menjerat Irjen Ferdy Sambo. Rapat tersebut diagendakan pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan kepada Kapolri secara menyeluruh atas kasus Ferdy Sambo yang membuat gempar tanah air.

Dia menyebut, Komisi III juga akan mencocokan hasil rapat dengar pendapat (RDP) yang dilakukan dengan Komnas HAM, LPSK dan Kompolnas pada Senin 22 Agustus 2022 kemarin.

“Semua akan ditanyakan atas pertanyaan yang dari Komnas HAM dan LPSK tadi. Karena saya rasa Mabes Polri sudah tahu dengan dari a sampai z atas pengakuan para tersangka dengan pembuktian fakta di lapangan,” kata Sahroni, saat diwawancarai, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 22 Agustus 2022 malam.

Tak hanya itu, Komisi III juga akan bertanya terkait petinggi kepolisian yang diduga terlibat dalam skenario pembunuhan oleh Ferdy Sambo. Menurutnya, insiden tersebut momentum untuk adanya revolusi mental pada tubuh institusi kepolisian.

“Ini yang dibilangin revolusi mental di tubuh polri. Lebih baik terlambat dari pada sama sekali tidak ada perubahan. Maka itu kita nanti komisi III dengan Pak Kapolri bertanya bagaimana selanjutnya anggota-anggota yang memang diduga terlibat dalam proses pencarian fakta pada masa proses perkara tersebut,” ucapnya.

“Nah itu revolusi mental yang kita sampaikan kepada Kapolri. Nah Kapolri bagaimana melakukan pembenahan dalam institusi di dalamnya. Nanti kita tanya hari Rabu nanti,” sambung Politikus NasDem itu.

Dia pun menyampaikan, kasus besar ini menjadi pekerjaan berat bagi Kapolri Listyo Sigit beserta jajarannya. Sehingga, Komisi III berharap kepolisian mampu menuntaskan kasus kematian Brigadir J.

“Pekerjaan rumah tangga yang luar biasa ini. Dan saya yakin Kapolri Listyo Sigit mampu melakukan pembenahan ini secara total,” imbuhnya.

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *