Indonesia Jadi Negara Pertama yang akan Dikunjungi Presiden Baru Filipina

Presiden baru Filipina, Ferdinand Marcos Jr akan mengunjungi Indonesia awal bulan depan. Informasi ini disampaikan Juru Bicara Trixie Cruz-Angeles.

Marcos dilaporkan akan berkunjung ke Indonesia terlebih dahulu pada 4-6 September. Ia kemudian akan melanjutkan lawatan luar negeri pertamanya itu ke Singapura pada 6-7 September.

Seperti dilansir Rappler, Senin 22 Agustus 2022, kedua jadwal itu merupakan kunjungan kenegaraan, atau kunjungan resmi satu kepala negara ke kepala negara lainnya. Kunjungan pada September akan menjadi yang pertama bagi Marcos sebagai presiden.

Meski demikian, Angeles tidak menyampaikan alasan Marcos memilih Indonesia dan Singapura sebagai kunjungan kenegaraan pertama sang kepala negara.

Namun, hal serupa juga dilakukan mantan Presiden Rodrigo Duterte. Ia memilih Indonesia sebagai negara pertama yang dikunjungi secara resmi setelah menjabat pada September 2016.

Marcos Jr resmi dilantik sebagai presiden Filipina pada 30 Juni lalu. Pelantikannya menandakan era kejayaan keluarga Marcos kembali ke kursi pemerintahan tertinggi Filipina.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengonfirmasi kunjungan Marcos mendatang atas undangan Presiden Halimah Yacob. “Kami berharap dapat menyambut Presiden Marcos ke Singapura,” kata seorang juru bicara, dikutip dari The Straits Times.

Pada Mei lalu, Halimah mengirimkan ucapan selamat kepada Marcos setelah dia memenangkan pemilihan presiden.

“Saya sangat ingat keramahan yang hangat yang diberikan kepada saya oleh orang-orang Filipina selama kunjungan kenegaraan saya ke Filipina pada September 2019. Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk memperkuat persahabatan antara kedua negara kita,” tulis Halimah.

Tak hanya di dua negara ASEAN ini, Bongbong -panggilan akrabnya- diperkirakan juga akan mengunjungi Amerika Serikat. Pada Juni lalu, Marcos mengatakan bahwa dia ingin menghadiri Majelis Umum PBB, yang akan diadakan di New York dari 13 hingga 17 September mendatang.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Nusantara TV

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *