Aturan Baru, Kapasitas Penumpang KRL Boleh 80 Persen

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) meningkatkan tingkat keterisian kereta rel listrik (KRL) menjadi 80 persen atau sebanyak 130-135 pengguna per kereta di wilayah aglomerasi termasuk KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo.

Perubahan ini mulai berlaku 18 Mei 2022, sesuai aturan terbaru dari pemerintah yaitu Surat EdaranKemenhub Nomor 57 tahun 2022. Kapasitas itu naik dari sebelumnya maksimal 60 persen.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebut kapasitas pengguna KA Lokal perkotaan di wilayah Merak, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya diatur jumlah pengguna paling banyak 100 persen sesuai kapasitas.

Meski aturan perjalanan lebih fleksibel sejalan dengan penanganan pandemi covid-19 yang membaik, ia menekankan agar seluruh pengguna tetap mengikuti aturan dan protokol kesehatan yang berlaku.

Protokol yang dimaksud adalah wajib memakai masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan. Para pengguna juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara manual kepada petugas.

“KAI Commuter juga terus mengimbau untuk tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri di dalam perjalanan KRL serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta,” katanya lewat rilis tertulis, Rabu (18/5).

Anne mengatakan bahwa pihaknya juga memberlakukan aturan-aturan tambahan lainnya dalam menggunakan KRL, yaitu larangan berbicara secara langsung maupun melalui telepon selama berada di dalam perjalanan.

“Untuk pengguna yang membawa anak-anak khususnya balita, kami imbau untuk menghindari kepadatan saat hendak menggunakan KRL. Petugas juga akan mengatur pergerakan pengguna anak-anak yang akan menggunakan KRL, selama tidak terlalu padat petugas akan mengizinkan untuk naik KRL,” jelas dia.

Saat ini, operasional KRL Jobodetabek tetap beroperasi mulai pukul 04.00-24.00 WIB dengan 1.053 perjalanan per harinya. Sementara itu untuk operasional KRL Yogyakarta-Solo juga tetap beroperasi dengan 24 perjalanan KRL per harinya mulai pukul 05.00-20.17 WIB.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Merdeka.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *