Jepang Hentikan Ekspor PS ke Rusia

Dua perusahaan raksasa elektronik dan gim Jepang, Sony dan Nintendo menghentikan sementara ekspor atau pengiriman produk konsol gim PlayStasion mereka ke Rusia. Kebijakan itu menambah panjang daftar perusahaan yang memboikot Rusia.

Mengutip Reuters, Uniqlo juga ikut menghentikan operasi mereka di Rusia untuk sementara pada Kamis (10/3). Perusahaan turut mengecam agresi Rusia.

Sikap itu berbalik arah. Sebelum itu, Uniqlo sempat menyampaikan pihaknya akan tetap membuka 50 gerai mereka yang beroperasi di Rusia dengan dalih pakaian merupakan kebutuhan sehari-hari.

“Kami mengutuk semua bentuk agresi yang melanggar hak asasi manusia dan mengancam keberadaan damai individu,” ujar perusahaan seperti dikutip pada Kamis (10/3).

Selain perusahaan swasta Jepang, pemerintah mereka sudah lebih dulu menjatuhkan sanksi ke Rusia. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melarang ekspor chip ke Rusia.

Tidak hanya itu, Kishida juga berencana untuk membekukan aset keuangan yang dimiliki Rusia di Jepang. Ia juga akan menangguhkan penerbitan visa bagi masyarakat dan organisasi Rusia.

“Kami akan menjatuhkan sanksi ekspor kepada organisasi yang terkait dengan militer Rusia dan sanksi ekspor barang-barang seperti semikonduktor berdasarkan perjanjian internasional,” kata Kishida dikutip dari France24, Jumat (25/2).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *