Komik Penampilan Pertama Superman Terjual Rp45,5 Miliar

Salinan komik Action Comics No.1 atau komik pertama Superman terjual US$3,18 juta atau setara Rp45,5 miliar (US$1= Rp14,3 ribu) dalam lelang yang berlangsung pada Kamis (13/1).

Seperti diberitakan Hollywood Reporter beberapa waktu lalu, hasil penjualan komik yang terbit pada 1938 tersebut membuatnya jadi komik termahal ketiga sepanjang sejarah.

Komik tersebut terjual dalam lelang yang berlangsung di rumah lelang Goldin Auctions. Ini menjadi pertama kalinya Rocket Copy dari Action Comics No. 1 terjual.

“Klien privat Goldin membeli komik Action 1 US$3,1 juta. Ini menjadi komik termahal ketiga sepanjang sejarah,” cuit Goldin Auctions.

“Penawaran yang menyenangkan dan memenangkan lebih dari US$3 juta. Saya tahu ini akan menjadi luar biasa!” cuit Ken Goldin mengomentari cuitan Goldin Auctions.

Action Comics No. 1 dianggap sebagai salah satu komik terpenting sepanjang masa. Hal itu dikarenakan komik karya Jerry Siegel dan Joe Shuster itu memperkenalkan Superman untuk pertama kalinya kepada dunia.

Salinan khusus dari komik DC ini disebut Rocket Copy karena sampul komik tersebut memiliki stempel roket anak berusia 13 tahun yang membeli terbitan itu dari kios koran pada 1938.

Sementara itu, salinan Rocket Copy dari Action Comics No. 1 ini mendapat penilaian 6.0 oleh CGC yakni layanan yang mengotentikasi kondisi komik.

Hasil penjualan komik pertama Superman ini lebih rendah daripada penjualan Amazing Fantasy No. 15. Komik pertama Spider-Man tersebut terjual US$3,6 juta pada September 2021.

Action Comics No. 1 yang terjual pada Kamis lalu juga terjual lebih rendah daripada dua Action Comics lainnya. Salinan yang mendapat penilaian 8,5 terjual US$3,25 juta pada April 2021. Sedangkan, salinan dengan penilaian 9,0 dijual US$3,2 juta pada Agustus 2014.

Superman adalah salah satu superhero dari komik DC. Karakter ini telah banyak diadaptasi menjadi serial, film, maupun gim. Salah satunya film Man of Steel yang dibintangi aktor Henry Cavill yang berperan sebagai Clark Kent/Superman.

Ia kembali membawakan karakter itu dalam film Batman v. Superman: Dawn of Justice, dan kedua versi Justice League.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *