Menlu Inggris Jadi Negosiator Brexit yang Baru

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menunjuk menteri luar negeri, Liz Truss untuk memimpin pembicaraan dengan Eropa terkait Brexit. Penunjukkan Truss dilakukan usai menteri Brexit sebelumnya, David Frost mengundurkan diri.

“Menteri Luar Negeri Liz Truss akan membahas perundingan singkat dengan Uni Eropa – termasuk masalah rumit hubungan Irlandia Utara dengan Brussels – segera,” kata pernyataan kantor perdana menteri, Downing Street, dilansir dari AFP, Senin, 20 Desember 2021.

Pemogokan paksa terjadi sehari setelah David Frost, sekutu terpercaya perdana menteri dan mantan negosiator Brexit, mengajukan pengunduran dirinya dalam sebuah surat kepada perdana menteri Sabtu malam.

Dia bertindak setelah surat kabar The Mail on Sunday melaporkannya telah menyerahkan pengunduran diri seminggu yang lalu. Namun, Frost setuju menunggu hingga Januari sebelum meninggalkan jabatannya.

Dalam surat pengunduran dirinya, Frost memberi tahu Johnson bahwa dia memiliki “kekhawatiran tentang arah perjalanan saat ini” mengenai peraturan virus korona dan kenaikan pajak.

Johnson sudah terhuyung-huyung dari pemberontakan oleh 100 anggota parlemennya dalam pemungutan suara parlemen atas langkah-langkah virus korona dan hilangnya 23.000 kursi mayoritas dalam pemilihan sela. Sebagian disebabkan oleh banyak laporan bahwa staf dan ajudannya mengadakan pesta Natal lalu meskipun ada pembatasan virus pada saat itu.

Menambah masalah pemerintah, situs web surat kabar The Guardian kemarin menerbitkan foto seseorang yang tampak seperti Johnson menghadiri pesta minuman di taman Downing Street.

Surat kabar itu mengatakan itu terjadi pada Mei 2020, ketika pembatasan Covid-19 yang melarang pertemuan semacam itu diberlakukan. Terlihat di foto itu, mereka yang hadir tidak mematuhi pedoman jarak sosial.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *