Polisi-TNI Sekat Jalan Pasar Jumat Arah Bogor-Jakarta Cegah Reuni 212

Belasan aparat kepolisian dan TNI disiagakan di titik perbatasan jalan arah Bogor menuju Jakarta, tepatnya di kawasan Pasar Jumat Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Penjagaan tersebut dilakukan bertepatan dengan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, oleh massa aksi Reuni 212, Kamis (2/12).

Belasan aparat berjaga dengan membawa senjata lengkap. Meski demikian, penjagaan masih terpantau lengang, beberapa kendaraan yang didominasi oleh roda itu masih bebas melintas dari arah Bogor, Tangerang Selatan menuju Jakarta.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, sekitar pukul 8.00 hingga pukul 9.00 WIB di lokasi, tak ada tanda-tanda massa aksi yang dicegat atau diputar balik oleh petugas. Sementara di lokasi aksi di kawasan Patung Kuda, massa aksi terpantau terus bertambah.

Penyekatan oleh aparat tersebut diketahui juga dilakukan di Jalan Inspeksi Kalimalang, Bekasi. Di lokasi tersebut, puluhan polisi berjaga di depan Masjid Jami Al-Hidayah di sekitar jalur Lampiri, Kalimalang sejak pagi.

Aparat mendirikan pos pengamanan guna memfilter massa apabila terindikasi melewati jalur itu dan hendak mengikuti reuni alumni 212.

Meski demikian, tak ada aparat yang bisa dimintai keterangan di posko pencegatan massa aksi Reuni 212 tersebut.

Pernyataan terpisah disampaikan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono. Dia bilang, penyekatan tersebut dilakukan guna memfilter pengendara yang diduga akan mengikuti aksi 212 dan mencoba melintas menuju arah Jakarta.

“Filterisasi dilaksanakan oleh masing-masing Polres sesuai kebutuhan di wilayah masing-masing,” kata Argo saat dikonfirmasi.

Koordinator Lapangan (Korlap) Reuni 212, Ismail Ibrahim sebelumnya menyebut aksi unjuk rasa dengan tajuk ‘Aksi Super Damai 212’ tetap sesuai rencana akan digelar di kawasan Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hari ini.

Namun, hingga berita ini ditulis, suasana di sekitar lokasi aksi tampak lengang. Aparat diketahui terus mengurai massa dan menutup akses ke lokasi aksi.

Kantung-kantung massa tercerai ke beberapa titik di sekitar jalan protokol Jakarta Pusat, seperti Tanah Abang, MH Thamrin, Lapangan Banteng, dan Menteng.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *