Menlu AS Akan Gelar Pertemuan Covid-19 Tingkat Menteri Malam Ini

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken berencana menggelar Pertemuan Tingkat Menteri terkait isu Covid-19 hari ini, Rabu, 10 November 2021. Pertemuan digelar secara virtual pada pukul 08.00 waktu Washington DC atau 20.00 WIB.

Menjelang pertemuan, Blinken mengatakan bahwa dunia telah dilanda pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun. Penyakit ini telah menewaskan sekitar 5 juta jiwa, memukul perekonomian global, dan membuat banyak orang kehilangan pekerjaan mereka.

Pandemi Covid-19, lanjut Blinken, semakin tak terlihat ujungnya setelah kemunculan varian-varian baru.

“Meskipun ada kemajuan dalam vaksinasi di seluruh dunia, kita belum berada di tempat yang kita inginkan,” ujar Blinken dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS di Jakarta yang diterima Medcom.id.

“Ini bukan hanya krisis kesehatan, tetapi juga krisis ekonomi, kemanusiaan, dan keamanan,” sambungnya.

Blinken menyerukan negara-negara dunia menyatukan semua agenda politik untuk bekerja sama mengakhiri pandemi Covid-19. Ia juga meminta komunitas global tetap fokus membangun kembali kapasitas dan arsitektur keamanan kesehatan global yang lebih baik dalam mencegah pandemi lain di masa mendatang.

“Pandemi global ini membutuhkan tindakan global dan fokus berkelanjutan. itulah sebabnya saya akan mengadakan Pertemuan Tingkat Menteri terkait COVID-19 secara virtual pada 10 November 2021,” tutur Blinken.

Menurut Blinken, para menlu global harus memainkan peran sentral untuk mengakhiri pandemi Covid-19 dan mempersiapkan masa depan.

Nantinya dalam pertemuan virtual hari ini, Blinken mengatakan bahwa, “kita akan menilai respons global saat ini terhadap Covid-19, dampak virus, dan ancaman pandemi di masa depan. Kita akan membahas upaya percepatan menuju kesetaraan vaksin dan dampaknya.”

“Kita akan membahas perlunya pembiayaan berkelanjutan untuk keamanan kesehatan global. Kita juga akan menilai peran peningkatan kolaborasi regional dan kepemimpinan politik yang terkoordinasi dalam kesiapsiagaan dan respons saat ini dan di masa depan,” ungkap Blinken.

“Pertemuan tingkat menteri ini semakin menguatkan momentum yang dihasilkan dari KTT Covid-19 yang diadakan oleh Presiden Joe Biden, dan bertujuan untuk membangun wadah keterlibatan secara reguler di antara para menteri luar negeri dalam menangani keamanan kesehatan,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Hallo Id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *