Gempa 5,7 Magnitudo Guncang Pakistan, 20 Orang Tewas

Setidaknya 20 orang tewas akibat gempa bumi berkekuatan 5,7 magnitudo yang mengguncang kawasan selatan Pakistan pada Kamis (7/10) dini hari.

“Kami menerima informasi bahwa 20 orang tewas karena gempa. Upaya penyelamatan sedang berlangsung,” ujar Menteri Provinsi Balochistan untuk urusan Hutan dan Lingkungan, Mir Ziaullah Langau, kepada AFP.

Seorang pejabat senior pemerintahan Balochistan, Suhail Anwar Hashimi, mengatakan bahwa kebanyakan korban tewas akibat tertimpa atap dan tembok yang runtuh diguncang gempa.

Sebagaimana dilansir AFP, kawasan yang terkena dampak paling parah adalah Kota Harnai. Upaya penyelamatan di kota pegunungan itu terhambat karena kekurangan akses jalan, listrik, dan jaringan ponsel.

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat melaporkan bahwa gempa tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari dengan kedalaman sekitar 20 kilometer.

Pakistan memang kerap diguncang gempa karena terletak di perbatasan di mana lempeng tektonik Pakistan dan Afghanistan bertemu.

Salah satu gempa terbesar Pakistan terjadi pada 8 Oktober 2005. Saat itu, gempa 7,6 magnitudo mengguncang daerah Kashmir dan menewaskan lebih dari 73 ribu orang.

 

 

 

 

 

Sumber : Cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *