Alert! The Fed Kasih Sinyal ‘Ngeri’, Tapering Datang November

Sinyal tapering semakin dekat. Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) menegaskan akan mulai melakukan program pengurangan obligasi itu November tahun ini dan menyelesaikan prosesnya pertengahan tahun 2022.

Tapering bisa dimulai setelah pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) The Fed, 2-3 November. “Selama pertumbuhan pekerjaan AS hingga September cukup kuat,” tulis Reuters memuat pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell, Rabu (23/9/2021) waktu setempat, ketika menjelaskan penarikan pembelian obligasi bulanan US$120 miliar tersebut.

The Fed pun mengisyaratkan akan ada kenaikan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan. Secara garis besar, ekonomi ke depan dipandang terus membaik sehingga ‘stimulus’ yang selama ini diberikan bisa dikurangi.

Sementara itu, dari rapat yang berakhir Rabu malam tadi, suku bunga acuan sekarang tetap ditahan di kisaran 0-0,25 persen. Pembelian obligasi dan sekuritas berbasis hipotek masih akan dilanjutkan setidaknya saat ini.

“Secara keseluruhan, pernyataan dan proyeksi The Fed mungkin sedikit lebih hawkish daripada yang diperkirakan banyak orang. The Fed pada dasarnya mengakui bahwa jika ekonomi terus tumbuh seperti yang telah kita lihat. Itu akan menjamin pengurangan (tapering of) terjadi,” kata Kepala Investasi CFRA Research di New York, Sam Stovall.

“Bisa dibilang itu adalah pengumuman tentatif tapering meskipun mereka menurunkan perkiraan PDB 2021 mereka.”

Tapering off bisa berdampak ke negara berkembang, khususnya ke pergerakan nilai pasar saham dan nilai tukar dalam negeri. Ada potensi nilai tukar rupiah melemah karena aliran modal ke luar (capital outflow).

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Economy Okezone

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *