Penurunan Harga Minyak Mentah Berlanjut, Dibayangi Kenaikan Pasokan

Harga minyak turun pada hari Kamis (15/7), memperpanjang kerugiannya. Investor bersiap untuk peningkatan pasokan setelah kesepakatan kompromi antara produsen OPEC terkemuka dan karena stok bahan bakar AS naik.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun 1,73% menjadi US$73,47 per barel dan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berakhir 2,02% lebih rendah pada US$71,65 per barel.

Kedua tolok ukur minyak mentah tersebut turun lebih dari 2% pada hari Rabu setelah Reuters melaporkan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) telah mencapai kompromi yang akan membuka jalan bagi kesepakatan untuk memasok lebih banyak minyak mentah ke pasar minyak.

“Pasar tidak mau mengambil risiko. Harga sangat overbought, jadi pedagang mungkin ingin mengambil uang dari meja sebelum kesepakatan itu nyata, ”kata Avtar Sandu, pedagang komoditas Phillips Futures di Singapura.

Pembicaraan antara Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutu termasuk Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, telah gagal bulan ini setelah UEA keberatan dengan perpanjangan pakta pasokan kelompok itu di luar April 2022.

Namun, analis di Goldman Sachs, Citi dan UBS memperkirakan pasokan akan tetap ketat dalam beberapa bulan mendatang bahkan jika OPEC+ menyelesaikan kesepakatan untuk meningkatkan produksi.

“Dengan pasar minyak yang sudah defisit dan pertumbuhan permintaan melampaui pertumbuhan pasokan, pasar minyak mentah kemungkinan akan semakin ketat musim panas ini,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

“Kami percaya penurunan berkelanjutan dalam persediaan minyak global dapat meningkatkan Brent menjadi US$80 per barel dan WTI menjadi US$77 per barel antara sekarang dan September.”

Di Amerika Serikat, stok minyak mentah turun untuk minggu kedelapan berturut-turut minggu lalu, tetapi persediaan bensin dan solar naik meskipun ada penurunan tingkat pemanfaatan kilang, data dari Administrasi Informasi Energi menunjukkan pada hari Rabu.

Penarikan besar dalam stok minyak mentah tidak banyak mendorong harga minyak karena para pedagang fokus pada kenaikan pertama dalam total stok minyak sejak awal Juni, kata para analis.

Harga minyak juga berada di bawah tekanan dari data yang menunjukkan bahwa ekonomi China tumbuh sedikit lebih lambat dari yang diharapkan pada kuartal kedua, terbebani oleh biaya bahan baku yang lebih tinggi dan wabah Covid-19 baru.

Namun, China, importir minyak mentah utama dunia, juga melaporkan rekor volume pemrosesan minyak mentah di kilangnya pada bulan Juni, mengurangi beberapa tekanan penurunan harga.

Di tempat lain, prospek pengembalian cepat pasokan minyak Iran ke pasar global telah didorong kembali karena negosiasi mengenai kebangkitan kembali kesepakatan nuklir 2015 tidak akan dilanjutkan sampai pertengahan Agustus ketika presiden baru menjabat.

 

 

 

 

Sumber : kontan.co.id
Gambar : Investasi Kontan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *